Simak 8 Prediksi Tren Wisata Global pada 2019

Kompas.com - 22/10/2018, 21:20 WIB
Ilustrasi generasi milenialSHUTTERSTOCK Ilustrasi generasi milenial

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar dua bulan menyambut 2019, muncul prediksi tren wisata yang akan marak di tahun mendatang.

Situs pemesanan akomodasi Booking.com memprediksi delapan tren wisata pada 2019. Prediksi ini berdasarkan penelitian terhadap 21.500 pelancong di 29 negara. Berikut prediksi tren wisata global 2019:

1. Lebih Sadar Lingkungan

Mayoritas wisatawan global, 86 persen mengatakan igin menghabiskan lebih banyak aktivitas yang berimbas untuk lingkungan. Ada 37 persen wisatawan yang mau membersihkan sampah plastik dari pantai dan atraksi wisata.

Wisatawan millennial dan generasi Z diperkirakan memiliki kesadaran akan lingkungan yang cukup tinggi dalam berwisata dan memengaruhi pemilihan akomodasi.

2. Lebih Bijak Memilih Destinasi

Pada 2019 diperkirakan wisatawan akan lebih bijak memilih destinasi. Detail seeperti isu sosial, politik, limgkungan akan memengaruhi wisatawan untuk mengunjungi suatu negara.

Keamanan baik dari segi gender (jenis kelamin), etnik, dan orientasi seksual akan lebih menjadi pertimbangan wisatawan di 2019.

3. Mencari Pengalaman

Tren ini sebenarnya telah terjadi pada 2018, tetapi 2019 diperkirakan tren wisatawan mencari pengalaman akan lebih marak. Ada 60 persen wisatawan yang lebih menghargai pengalaman daripada material.

Pada 2019, ada 42 persen wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi nostalgia masa kanak-kanak. Hal ini dipicu tekanan tinggi menjadi orang dewasa.

4. Memaksimalkan Waktu Libur

Lebih dari setengah wisatawan global ingin memanfaatkan liburan akhir pekan di 2019. Diperkirakan paket liburan singkat akan lebih laku tahun depan, begitu pula hotel-hotel yang menawarkan konsep liburan singkat 'staycation'.

Ilustrasi generasi ZTHINKSTOCK/bowie15 Ilustrasi generasi Z

5. Antusiasme Tinggi Terhadap Teknologi

Teknologi yang memudahkan seperti melacak bagasi lewat situs aplikasi, robot concierge hotel, satu aplikasi untuk semua pemesana wisata, diperkirakan akan terus meningkat. Sebab wisatawan semakin mencari kemudahan berwisata lewat teknologi.

6. Wisata untuk Pengalaman Kerja

Generasi Z tahun depan akan banyak yang mencapai usia magang atau lulus kuliah. Untuk itu diprediksi banyak yang mencari perjalanan wisata menambah pengalaman kerja. Bisa dengan magang atau menjadi relawan.

7. Meleburkan Batas Wilayah

Wisatawan pada 2019 diprediksi akan meleburkan batas wilayah, tidak hanya negara tetapi juga daratan dan udara. Banyak wisatawan yang tertarik untuk menginap di akomodasi bawah laut bahkan angkasa.

8. Konten Wisata Semakin Dibutuhkan

Sekitar 35 persen wisatawan ingin mendapat rekomendasi wisata dari orang lain. Kemudian 52 persen sangat bersemangat dengan teknologi wisata. Semua harus diiringi dengan sentuhan personal dan terpercaya untuk cakupan daerah wisata yang lebih luas. 



Close Ads X