Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Nikah di India Kini Jadi Atraksi Wisata untuk Turis

Kompas.com - 22/10/2018, 22:18 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesta pernikahan khas India terkenal meriah, dengan aneka makanan, pakaian, dan dekorasi yang semarak. Bagi turis, pernikahan khas India menjadi magnet pengalaman baru yang menyenangkan.

Inilah yang dijual oleh start up asal Australia, Join My Wedding. Situs ini menghubungkan turis dengan calon mempelai India yang akan mengadakan pesta. Perusahaan ini muncul di 2016 dan mendapat sambutan baik.

"Banyak wisatawan bilang ini adalah pengalaman terbaik yang mereka dapatkan ketika berwisata di Asia," kata Co Founder Join My Wedding, Orsi Parkanyi dilansir dari Lonely Planet.

Ada beberapa acara yang dapat dipilih oleh turis. Mulai dari upacara Sangeet yakni pesta khusus untuk mempelai perempuan yang penuh dengan tarian dan musik. Juga tak lupa kehadiran para seniman henna untuk melukis di tangan.

Acara favorit lainnya adalah pesta pernikahan tradisional. Ketika para turis juga didandani layaknya warga lokal dengan pakaian sari untuk perempuan, aksesoris meriah, ikut bersantap, dan berfoto bersama tamu serta mempelai.

Turis mengikuti pesta pernikahan di IndiaJoin My Wedding Turis mengikuti pesta pernikahan di India

Untuk ikut serta dalam acara pernikahan India ini, turis hanya perlu mendaftarkan diri dalam paket di situs Join My Wedding dan membayar sesuai harga paket.

Umumnya harga paket berkisar 150 dollar AS atau sekitar Rp 2.250.000 untuk pesta satu hari, atau 250 dollar AS atau setara Rp 3.750.000 dollar AS untuk pesta dua hari.

Tidak hanya memberi pengalaman berbeda bagi turis, nyatanya paket wisata nikah India ini juga memberi keuntungan bagi mempelai yang mengadakan pesta.

Selain dapat memperkenalkan budaya lokal kepada turis, paket pesta pernikahan India ini memberi relasi baru sekaligus pemasukan untuk penyelenggaraan pesta India yang terkenal meriah dan berbiaya besar.

Berdasarkan data Join My Wedding, ada 11 juta pesta pernikahan yang diselenggarakan di India setiap tahun. Kemudian pesta pernikahan ini dibagi menjadi 300 jenis, sekitar 80 persennya adalah upacara pernikahan Hindu.

Agama, daerah, dan preferensi selera mempelai serta keluarga memengaruhi keberagaman pesta pernikahan di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com