Apa Pertimbangan Turis Indonesia saat Memilih Tempat Menginap? - Kompas.com

Apa Pertimbangan Turis Indonesia saat Memilih Tempat Menginap?

Kompas.com - 23/10/2018, 08:08 WIB
Kamar di Hotel Tugu Bali.Hotel Tugu Bali Kamar di Hotel Tugu Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai jenis hotel kini marak bermunculan dengan berbagai keunggulan dari fasilitas hingga pelayanan.

Banyaknya hotel yang muncul, membuat animo masyarakat dalam memilih hotelpun beragam. Ada yang melihat pelayanan, fasilitas bahkan harga yang ditawarkan.

Menurut John Safenson selaku General Manager Accomodation Traveloka, ada beberapa tren orang Indonesia dalam memilih tempat penginapan seperti hotel, yaitu, star rating, harga, dan lokasi.

“Jadi dari hasil analisa Traveloka, rata-rata orang melihat beberapa faktor. Pertama mereka memilih berdasarkan star rating. Mereka cari dulu star ratingnya, misal mau hotel bintang lima, mereka lihat detailnya seperti apa dari review pengunjung, mulai dari fasilitas hingga layanan,” ujar John dalam acara Press Confrence Traveloka Hotel Awards di The Hook Jakarta beberapa waktu lalu.

Faktor selanjutnya ialah budget. Menurutnya, banyak orang yang saat memilih hotel juga menyesuaikan dengan isi kantong.

“Misalnya dia mau menginap di hotel bintang lima, dia juga lihat dulu budget-nya dia sesuai tidak dengan hotel itu,” kata John.

Faktor yang terakhir adalah lokasi. Ia melanjutkan, kebanyakan orang akan menentukan hotel dengan lokasi terdekat dengan tujuan, baik untuk perjalanan dinas maupun liburan.

Selain ketiga hal tersebut, Hariyadi Sukamdani, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia menambahkan jika ulasan dan foto juga menjadi hal yang dilihat seseorang ketika hendak memilih hotel.

“Kalau hotel tersebut memiliki ulasan yang baik, orang akan lebih memilih hotel tersebut,” kata Hariyadi.



Close Ads X