Kompas.com - 23/10/2018, 10:08 WIB
Tuk Tuk Night Lights Tour. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRITuk Tuk Night Lights Tour.

BANGKOK, KOMPAS.com - Apa yang Anda tahu soal tuk tuk? Alat transportasi mirip bajaj ini beroperasi di hampir seluruh wilayah Thailand. Di Bangkok, tuk tuk jadi alat transportasi baik untuk warga lokal maupun wisatawan.

Namun tak banyak yang tahu, tuk tuk awalnya datang dari Jepang.

"Tuk tuk datang dari Jepang sekitar tahun 1950-an. Kemudian menjadi transportasi lokal sampai sekarang," tutur Net, pemandu dari Expique Tour saat KompasTravel berkunjung ke Bangkok beberapa waktu lalu.

Pada malam itu, Senin (15/10/2018), Net membawa saya dan rombongan berkeliling ibu kota Thailand lewat Tuk Tuk Night Lights Tour. Anda bisa memesan tur ini pada aplikasi KLOOK dengan harga sekitar Rp 950.000 per orang. Meeting point kami adalah stasiun BTS Krung Thonburi.

Wanita berambut cepak itu kemudian memperkenalkan kami kepada tiga supir tuk tuk malam itu. Satu tuk tuk bisa membawa hingga empat orang.

"Pertama kita akan mengunjungi night market. Kemudian akan melihat ikon Kota Bangkok yaitu Giant Swing. Lalu kita akan mencicipi pad thai terenak di kota ini. Siapkan perut kalian," tutur Net.

Kami serentak mengangguk sumringah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Klong San Market

Lupakan Chatucak nan mainstream dan cobalah berkeliling Klong San Market, pasar malam yang terletak di kawasan Thonburi. Saat kami berkunjung, hampir tak ada turis asing yang lalu-lalang di pasar tersebut.

"Klong San terletak di dekat pier (pelabuhan) Sungai Chao Phraya. Saat jam pulang kerja, banyak warga yang mampir ke pasar ini untuk membeli beragam kebutuhan. Mulai dari pakaian, aksesori, sampai makanan," papar Net.

Waktu menunjukkan pukul 06.30 waktu Bangkok, dan Klong San cukup dipadati warga lokal. Tampak sederet gerai makanan di sebelah kiri jalan utama. Asap mengepul dari tiap gerobak, membawa aroma semerbak. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X