Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Liburan Hemat ke Luar Negeri

Kompas.com - 23/10/2018, 11:25 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah penat dengan sejumlah aktivitas setiap harinya, tentunya liburan bisa menjadi salah satu obatnya.

Tak sedikit pula para pelancong Indonesia yang memilih destinasi liburan ke luar negeri.

Meski kini nilai tukar rupiah melemah, liburan Anda tak boleh sampai gagal. Berikut ini merupakan tips liburan hemat ke luar negeri dari AirAsia.

1. Obyek Wisata Gratis

Ketenaran menara kembar Petronas sebagai bangunan tertinggi di Malaysia akan dikalahkan, seiring berlangsungnya pembangunan PNB 118 dan wacana pembangunan Tower M.Goasean.com Ketenaran menara kembar Petronas sebagai bangunan tertinggi di Malaysia akan dikalahkan, seiring berlangsungnya pembangunan PNB 118 dan wacana pembangunan Tower M.
Saat liburan, salah satu caranya Anda bisa berkunjung ke obyek wisata yang gratis.

Seperti menonton pertunjukan Wonder Full Light and Water Show di Marina Bay Sands Singapura dan berfoto di Petronas Twin Towers Kuala Lumpur.

Kemudian hunting foto street art di Georgetown Penang hingga mengikuti ritual perang air di Festival Songkran di Bangkok.

2. Pilih Maskapai Berbiaya Hemat

Anda bisa memilih transportasi udara dengan maskapai berbiaya hemat. AirAsia sendiri saat ini mengadakan promo diskon hingga 70 persen ke berbagai destinasi hingga periode 28 Oktober 2018.

3. Penginapan dengan Harga Terjangkau

NapPark Hostel di Bangkok, Thailand.
ARSIP NAPPARK HOSTEL NapPark Hostel di Bangkok, Thailand.
Cara hemat lainnya dengan memilih penginapan yang sesuai budget. Anda bisa mencari penginapan harga murah namun tetap aman dan nyaman.

Bisa pula menginap di hostel, atau bahkan bisa menghubungi kerabat di negara tujuan Anda.

4. Tidak Liburan di Long Weekend

Ini salah satu hal yang harus diperhatikan. Sebaiknya Anda tak memilih saat libur panjang, selain lebih ramai, tiket masuk obyek wisata biasanya akan lebih mahal.

5. Bawa Barang Secukupnya

Atur barang-barang Anda di dalam koper atau ransel. Hal ini dilakukan agar tas yang dibawa tak terlalu banyak.

6. Icip Street Food

Ragam kuliner street food yang dijual di night market, Chiang Mai, Thailand.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ragam kuliner street food yang dijual di night market, Chiang Mai, Thailand.

Hidangan street food di tiap negara tentunya boleh dicoba. Selain mendapatkan pengalaman kuliner baru Anda juga bisa mendapatkan harga makanan lebih hemat.

7. Timbang Koper dan Tas sebelum ke Bandara

Setelah pulang berlibur, sebaiknya Anda menimbang barang bawaan. Beberapa maskapai menyediakan bagasi ada pula yang tidak.

8. Siapkan Daftar Oleh-oleh

Salah satu gerai oleh-oleh di Jalan Kokusai di jantung Kota Naha, Okinawa Jepang sebagai pusat perbelanjaan wisatawan di sana, Sabtu (30/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu gerai oleh-oleh di Jalan Kokusai di jantung Kota Naha, Okinawa Jepang sebagai pusat perbelanjaan wisatawan di sana, Sabtu (30/6/2018).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com