Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Dunia dengan Makanan Terbaik Menurut Wisatawan

Kompas.com - 24/10/2018, 08:47 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas bertualang untuk mencari makanan terbaik memang kini tengah menjadi tren. TripAdvisor mencatat pemesanan wisata kuliner mendominasi pemesanan wisata lainnya.

"Wisatawan sangat tertarik untuk melihat kearifan lokal di destinasi mereka. Tur makanan dan kelas memasak menjadi langkah yang mereka pilih," ungkap juru bicara TripAdvisor, Laurel Greatrix.

Pertumbuhan pemesanan wisata kuliner pada 2017 mencapai 61 persen dibandingkan 2016. Wisatawan asal Kanada, Inggris, dan Australia memimpin untuk wisatawan yang paling gemar mengikuti wisata kuliner.

Para pengguna situs pengulas perjalanan, TripAdvisor lantas menyimpulkan ada kota-kota di dunia yang cocok untuk berwisata kuliner. Berikut 10 kota dunia yang digemari untuk wisata kuliner:

1. Roma, Italia

Bukan hal yang mengejutkan jika kota ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner paling digemari. Tur yang disukai oleh para pelancong adalah tur makan sambil jalan kaki di daerah Prati. Bersantap ditutup dengan melihat keindahan matahari tenggelam.

2. Florence, Italia

Italia masih berada di urutan teratas, dengan tur di kebun Tuscan sembari menyantap pizza dan gelato asli dari kampung halamannya.

Pasar Mercato Centrale di Florence, Italia.Dok. Huffpost Pasar Mercato Centrale di Florence, Italia.

3. Paris, Perancis

Bersantap di daerah Montmarte menjadi favorit para pelancong. Paris terkenal dengan hidangan roti dan kue yang menggugah selera.

4. Barcelona, Spanyol

Terkenal dengan tapas dan wine. Barcelona juga terkenal dengan sajian hidangan laut yang menggugah selera. Tur memasak interaktif di Barcelona banyak dipilih pelancong.

5. New Orleans, Amerika Serikat

Kota eksentrik yang terkenal dengan kekayaan hidangan laut dan rasa makanan yang berani. Contohnya gumbo, jambalaya, dan etaoufee yang semuanya hidangan laut direndam kuah bumbu.

Gerai Starbucks di New York City Time Square.STARBUCKS Gerai Starbucks di New York City Time Square.

6. New York City, Amerika Serikat

Dari camilan pinggir jalan sampai restoran bintang Michelin ada di New York City. Kota yang terkenal sebagai melting pot ini juga punya banyak kuliner dari berbagai negara.

7. Venesia, Italia

Tidak hanya tur naik Gondola di kanal-kanal Venesia. Tur kuliner juga sangat disukai. Terutama ke bar terkenal sembari menyantap tapas alas Venesia dan menyeruput wine.

8. Madrid, Spanyol

Pasar tertua di Madrid, Mercado de San Miguel menjadi lokasi favorit para pecinta kuliner. Di sini terdapat berbagai makanan khas Spanyol. Mulai dari tapas, apella, sampai cicip segala jenis wine.

Pelelangan tuna menjelang pagi di Pasar Tsukiji, Tokyo.  AFP/ YOSHIKAZU TSUNO Pelelangan tuna menjelang pagi di Pasar Tsukiji, Tokyo.

9. Tokyo, Jepang

Makanan kaki lima disukai oleh para pelancong. Tokyo terkenal dengan makanan yang tidak ada habisnya dari pagi sampai tengah malam. Tur paling laris adalah tur kuliner Tokyo di malam hari.

10. Bangkok, Thailand

Sama seperti Tokyo, Bangkok juga terkenal dengan makanan kaki lima. Perbedaan yang unik lainnya adalah tur bersantap di pasar apung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com