Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Pad Thai Terenak di Bangkok?

Kompas.com - 24/10/2018, 19:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BANGKOK, KOMPAS.com - Waktu menunjukkan pukul 08.30 waktu Bangkok ketika KompasTravel tiba di Maha Chai Road. Dari kejauhan, tampak hiruk pikuk pengunjung di tengah kepulan asap.

Jam makan malam sudah lewat, namun antrean masuk restoran ini masih saja mengular. Thip Samai, begitu nama restoran pad thai yang kami kunjungi malam itu. Warga lokal menyebut tempat ini sebagai restoran pad thai terenak seantero ibu kota Thailand.

"Memang ada beberapa gerai pad thai yang terkenal enak, tapi Thip Samai menurut saya juaranya," tutur Net, pemandu dari Expique Tour saat KompasTravel berkunjung ke Bangkok beberapa waktu lalu.

Thip Samai Pad ThaiKOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Thip Samai Pad Thai
Net memandu kami melewati para pengunjung yang mengantre, kemudian mempersilahkan kami masuk. Rupanya, previlege ini kami dapatkan karena memesan Tuk Tuk Night Lights Tour dari Expique Tour. Anda bisa memesannya lewat aplikasi KLOOK.

Baca juga: Aplikasi yang Paling Membantu Wisatawan Independen

Pad thai pada dasarnya adalah "kwetiaw" khas Thailand. Anda bisa melihat sendiri cara pembuatannya di bagian luar restoran. Dapur restoran ini memang terletak di bagian luar, sehingga banyak pengunjung yang memotret dan mengambil video sembari menunggu antrean.

Antrean masuk ke restoran Thip Samai.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Antrean masuk ke restoran Thip Samai.
Satu hal yang paling memikat mata adalah mie yang digunakan pada pad thai. Mie tersebut berwarna merah-oranye, tidak seperti mie pad thai pada umumnya yang berwarna putih polos.

Tiga Hidangan Andalan

Ada tiga hidangan andalan Thip Samai. Pertama adalah Pad Thai Pratu Pi, dengan mie berwarna merah yang disajikan bersama dua udang berukuran besar. 

Kedua adalah Pad Thai Haw Kai Goong Sot, yaitu Pad Thai Pratu Pi yang dibungkus telur dadar. Terakhir adalah Pad Thai Sen Jan Man Goong, pad thai dengan mie berwarna putih.

Mengapa mie pada pad thai di restoran ini berwarna merah?

"Sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya, mie direbus dahulu bersama pasta udang, potongan udang, dan minyak udang. Sehingga rasanya lebih meresap," papar Net.

Pad Thai Haw Kai Goong Sot, pad thai yang dibungkus telur dadar.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Pad Thai Haw Kai Goong Sot, pad thai yang dibungkus telur dadar.
Saya memesan hidangan pertama. Beberapa anggota rombongan memesan dua hidangan lainnya. Kami saling mencicipi pesanan dan sepakat pada satu hal: rasanya memang sangat nikmat!

Bumbu seperti pasta udang, minyak cabai, dan asam (tamarind) sangat terasa. Semua sayuran seperti tauge masih kriuk saat dimakan. Udang terasa manis dan segar. Sejauh ini, pad thai di Thip Samai memang terenak yang pernah kami coba.

Ice Calamansi

Pad thai paling cocok dinikmati bersama minuman segar. Thip Samai menyediakan beberapa minuman, termasuk Ice Calamansi yang tersohor kesegarannya.

Dengan harga dua kali lipat dari seporsi pad thai, Ice Calamansi memang sangat nikmat dan menyegarkan. Pada dasarnya ini adalah es jeruk lokal yang diperas, diambil bulir-bulirnya, dan disajikan dengan es batu.

Harga satu gelas Ice Calamansi adalah 180 Baht, sementara satu porsi pad thai adalah 90 Baht.

Jangan datang terlalu malam jika ingin mencicipi pad thai dan Ice Calamansi di restoran ini. Thip Samai buka mulai pukul 17.00 waktu setempat. Anda bisa datang sekitar 15 menit sebelumnya untuk mengantre, sebelum berebutan bangku dengan para tamu lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com