10 Makanan yang Pasti Dijual di Warteg, Bikin Lapar! - Kompas.com

10 Makanan yang Pasti Dijual di Warteg, Bikin Lapar!

Kompas.com - 25/10/2018, 11:08 WIB
Warteg Kharisma Bahari, di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (23/10/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Warteg Kharisma Bahari, di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Warung Tegal atau yang lebih dikenal warteg menjadi salah satu tempat makan yang biasa menjadi tujuan masyarakat khususnya di Jakarta. 

Selain itu, warteg juga punya tempat tersendiri di hati anak kos khususnya di akhir bulan dan ramah untuk kantong pas-pasan dengan porsi yang melimpah.

Tidak hanya menjajahkan satu, dua makanan, tapi bisa sampai 50 jenis lauk yang bisa ditemui di warteg. Mulai dari oseng-osengan, tempe orek, ikan, dan sayur-sayuran bisa ditemukan di warteg.

"Jumlah makanan yang dijajakan di warteg terdiri dari 30 hingga 50 menu, tergantung besar warteg dan jumlah pengunjungnya," kata Sayudi, pemilik Warteg Kharisma Bahari ketika ditemui KompasTravel di Warteg Kharisma Bahari, jalan Haji Batong Raya, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018) sore.

Ketika ditanya KompasTravel tentang sepuluh menu khas yang tak pernah absen dari warteg, Sayudi menyebutkan tempe orek, oseng-oseng, ikan hingga telur.

"Kalau menu yang selalu ada di warteg itu yah, tempe orek, kentang balado, tongkol, oseng-oseng, telur dadar, prekedel kentang, ayam, lele, telur balado, dan ikan kembung," katanya.

Berikut KompasTravel rangkum sepuluh menu khas yang bisa ditemui di warteg.

1. Tempe Orek

Menu tempe orek di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu tempe orek di warteg Kharisma Bahari.
Tempe orek menjadi salah satu hidangan yang tidak pernah bahkan wajib ada di setiap warteg. Tempe orek disajikan dalam bentuk kering dan basah.

Tempe terlebih dahulu digoreng lalu dimasak dikering atau basah dengan saus kecap. Harganya yang murah membuat tempe menjadi salah satu menu favorit.

2. Kentang Balado

Menu kentang balado di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu kentang balado di warteg Kharisma Bahari.
Kentang balado sering dijumpai di warteg. Terlebih dahulu kentang dipotong kotak-kotak seperti dadu, lalu digoreng hingga matang.

Setelah itu, kentang ditumis dengan sambal hingga masak dan meresap.

3. Tongkol

Menu ikan tongkol di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu ikan tongkol di warteg Kharisma Bahari.
Ikan juga menjadi salah satu menu yang bisa ditemui di Warteg, tongkol salah satunya. Biasanya tongkol ditemui di warteg dimasak dengan berbagai jenis dan dimasak dengan sambal.

4. Oseng-oseng

Menu oseng-oseng di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu oseng-oseng di warteg Kharisma Bahari.
Tidak hanya tempe, kentang atau ikan, aneka sayur juga bisa ditemui di warteg. Sayur-sayuran yang ditemui dimasak dengan dioseng. Mulai dari sayur toge, pepaya hingga kangkung.

5. Telur Dadar

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Telur dadar menjadi salah satu makanan yang tidak pernah absen dari warteg;Telur dadar sering dimasak dengan tambahan daun bawang dan garam.

6. Perkedel Kentang

Menu prekedel kentang di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu prekedel kentang di warteg Kharisma Bahari.
Kentang selain dimasak balado, juga dibuat menjadi perkedel. Hidangan satu ini, juga tak pernah absen dari etalase warteg.

Perkedel biasanya dinikmati dengan sayur sup, sayur asam, dan menu berkuah lainnya.

7. Ayam

Menu ayam goreng di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu ayam goreng di warteg Kharisma Bahari.
Selain ikan, hidangan ayam adalah makanan yang selalu dijual di warteg. Biasanya ayam dimasak dengan digoreng biasa atau dengan bumbu serundeng.

8. Lele

Menu ikan lele di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu ikan lele di warteg Kharisma Bahari.
Selain ikan tongkol, jenis ikan lainnya yang selalu ada di warteg adalah lele. Lele yang biasanya dimasak dengan digoreng.

9. Telur Balado

Menu telur balado di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARYA Menu telur balado di warteg Kharisma Bahari.
Kalau ada telur dadar, telur balado juga selalu dijajakan di setiap warteg. Bedanya dengan telur dadar, telur bulet ini disajikan dengan direbus terlebih dahulu lalu dimasak dengan bumbu balado.

10. Ikan Kembung

Menu ikan kembung di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu ikan kembung di warteg Kharisma Bahari.

Jika makan di warteg, ikan yang satu ini juga selalu ada di deretan menu di dalam etalase bening. Ikan kembung hanya disajikan dengan digoreng.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X