Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Favorit Pembeli saat Makan di Warteg

Kompas.com - 25/10/2018, 12:08 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPASom – Warung Tegal atau yang dikenal  warteg menjadi salah tujuan untuk yang ingin makan kenyang dengan harga murah.

Warteg seringkali dilekatkan dengan orang yang berekonomi kelas bawah, tapi banyak juga orang dengan ekonomi kelas atas yang tidak segan untuk makan di warteg. 

Tidak hanya murah, warteg juga mudah ditemui dan buka 24 jam sehingga selalu dicari. Selain itu, warteg menyajikan masakan rumahan dengan aneka aneka lauk, mulai dari tempe, ikan, sayuran, oseng-oseng, tahu, dan yang lainnya.

"Kalau ditanya menu favorit yang sering dibeli, ada tempe orek yang jadi favorit, terus kentang balado, tongkol, oseng-oseng, dan telur yah, ada telur dadar sama telur bulat," kata Sayudi ketika ditemui KompasTravel di Warteg Kharisma Bahari, jalan Haji Batong Raya, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018) sore.

Warteg Kharisma Bahari merupakan warteg dengan sistem franchise yang ada di Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, dan Bekasi (Jabodetabek). Hingga saat ini, Warteg Kharisma Bahari telah memiliki 196 cabang di se

Berikut KompasTravel rangkum 5 makanan favorit pengunjung di warteg berdasarkan penuturan Sayudi.

1. Tempe Orek

Menu tempe orek di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu tempe orek di warteg Kharisma Bahari.
Tempe orek menjadi salah satu makanan yang tidak pernah absen bahkan wajib ada di setiap warteg karena harganya yang murah. Tempe orek disajikan dalam bentuk kering dan basah.

Tempe terlebih dahulu digoreng lalu dimasak dikering atau basah dengan saus kecap. Ada juga yang menyajikannya dengan potongan cabai merah besar.

2. Kentang Balado

Menu kentang balado di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu kentang balado di warteg Kharisma Bahari.
Makanan yang satu ini tentunya sering ditemui di warteg. Dalam penyajiannya kentang dipotong kotak-kotak seperti dadu, lalu digoreng hingga matang.

Setelah matang, kentang ditumis dengan sambal hingga masak dan meresap.

3. Tongkol

Menu ikan tongkol di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu ikan tongkol di warteg Kharisma Bahari.

Ikan tongkol menjadi salah satu makanan wajib yang tak pernah absen dari etalase kaca Warteg. Biasanya ikan tongkol dimasak dengan saus sambal.

4. Oseng-oseng

Menu oseng-oseng di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Menu oseng-oseng di warteg Kharisma Bahari.
Tidak hanya tempe, kentang atau ikan, aneka sayur juga menjadi favorit di warteg. Sayur-sayuran ini dimasak dengan dioseng.

Oseng-oseng ini terdiri dari sayur toge, daun pepaya, hingga kangkung.

5. Olahan Telur

Menu telur balado di warteg Kharisma Bahari.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARYA Menu telur balado di warteg Kharisma Bahari.
Telur menjadi salah satu menu favorit yang dicari pembeli karena harganya yang murah. Jenis yang dijajahkan pun beragam, mulai dari telor ceplok, telor dadar, telur rebus hingga dimasak balado.

Lalu, apa makanan favorit Anda saat makan di warteg?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com