4 Tempat Rekomendasi Menyantap Masakan Minang di Jakarta

Kompas.com - 25/10/2018, 17:19 WIB
Aneka makanan yang disusuh seperti rumah makan padang KOMPAS.COM/YOSIA MARGARETTAAneka makanan yang disusuh seperti rumah makan padang

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Barat jika ngidam masakan Minang. Ada banyak rumah makan yang dapat disambangi di Jakarta. Daftar rumah makan khas Minang berikut adalah rumah makan legendaris yang buka sejak puluhan tahun lalu.

Tidak hanya disukai oleh para perantau dari ranah Minang, tetapi juga warga Jakarta dan wisatawan mancanegara. Berikut daftar rumah makan Minang legendaris di Jakarta:

1. RM Pondok Djaja

Rumah makan Minang tertua di Jakarta, buka sejak 1969. Gerai pertama dibuka di Jalan Krekot dekat Pasar Baru, pada 1974 pindah ke Jalan Hayam Wuruk, dan saat ini berada di Jalan Hasyim Ashari Nomor 13B, Jakarta Pusat.

Baca juga: Ini Alasan Orang Indonesia Suka Makan Nasi Padang

Resep dan cara masak tradisional adalah rahasia suksesnya RM Pondok Djaja. Dari 15 menu yang tersaji di etalase, hidangan paling favorit adalah ayam goreng, lengkap dengan serundeng yang menambah kaya rasa ayam goreng.

Ikan bawal bakar juga jadi salah satu menu favorit di RM Sepakat. Rumah makan ini merupakan salah satu restoran Padang tertua di Jakarta, buka sejak 1969.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Ikan bawal bakar juga jadi salah satu menu favorit di RM Sepakat. Rumah makan ini merupakan salah satu restoran Padang tertua di Jakarta, buka sejak 1969.

2. RM Sepakat

Sama dengan RM Pondok Djaja, RM Sepakat juga buka sejak 1969. Lokasinya kini berada di bangunan berlantai tiga samping Blok M Square. Menu andalan rumah makan ini adalah gulai gajebo.

Baca juga: Yang Khas dari Restoran Padang…

Gulai gajebo adalah hidangan langka, yakni gulai sandung lamur asam padeh, yang sulit dicari di Jakarta. Gulai gajebo adalah bagian punuk sapi dengan lemak tebal di bagian daging. Dimasak asam padeh tanpa santan, hanya dengan air kelapa.

Seporsi nasi rendang di Rumah Makan Si May dihargai Rp 25.000, termasuk es teh manis.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Seporsi nasi rendang di Rumah Makan Si May dihargai Rp 25.000, termasuk es teh manis.

3. RM Simay

Kalau mencari spesialis rendang di Jakarta, datanglah ke RM Simay di kawasan Tanah Abang atau Palmerah. Pemiliknya Hj Meyyulis menyabet penghargaan sebagai Juara 1 Festival Masakan Khas Minang yang digelar UPTD Anjungan Sumbar TMII pada 2011.

Pada 2012 ia juga menyabet juara Festival Rendang Padang "Rendang Mendunia" di Taman Budaya Sumbar TMII.

Rendang di RM Simay berbeda lantaran menggunakan paha belakang sapi bagian atas. Selain rendang rumah makan ini juga terkenal dengan hidangan dendeng.

Rumah Makan Padang Surya, yang dirintis sejak 1946 di Bendungan Hilir, Jakarta.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Rumah Makan Padang Surya, yang dirintis sejak 1946 di Bendungan Hilir, Jakarta.

4. RM Surya

Rumah makan di kawasan Benhil, Jakarta Pusat, dibuka sejak 1970. RM Surya terkenal sebagai salah satu rumah makan Minang yang punya lauk komplet. Semua ada mulai dari dendeng, sambal lado mudo gulai kikil, rendang, dan lainnya.

Selain itu juga ada nasi goreng, mie goreng, soro, gado-gado, dan sop buntut semua khas Minang. RM Surya juga punya tradisi unik yakni berhenti beroperasional dari tanggal satu Ramadhan hingga 2 Syawal, atau H+2 Lebaran.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X