Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Tua di Dunia, Cocok untuk Pecinta Sejarah

Kompas.com - 27/10/2018, 15:07 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke destinasi yang kaya akan cerita sejarah bagaikan oasis bagi para pecinta sejarah. Beruntung masih banyak benda bersejarah di dunia yang dapat disaksikan langsung, bahkan menjadi atraksi wisata.

Tidak melulu benda sejarah, bahkan sebuah kota juga dapat memiliki sejarah yang menarik untuk disimak. Berikut adalah 10 kota tertua di dunia:

1. Kairo, Mesir

Ibu kota Mesir kuno yakni Memphis didirikan oleh Firaun Menes. Diperkirakan kota ini dibangun sekitar 2.300 SM. Ibu kota modern lantas didirikan pada 969, sebagai ibu kota dari Kekhalifahan Fatimiyah.

2. Varanasi, India

Berdasarkan mitologi Hindu, Varanasi didirikan oleh Dewa Siwa. Bukti arkeologi menunjukkan orang-orang telah tinggal di sini di pinggiran Sungai Gangga sejak 1800 SM.

3. Athena, Yunani

Athena memiliki sejarah yang tercatat sepanjang 3.400 tahun, tetapi manusia diperkirakan telah tinggal di Athena selama 10.000 tahun. Kota ini menjadi pusat seni dan filsafat yang masih memengaruhi dunia sejak 508 dan 322 SM.

Cholula, Meksiko.Dok. Traveller.com.au Cholula, Meksiko.

4. Cholula, Meksiko

Cholula didirikan pada abad ke dua SM. Kota ini menjadi kota tertua di Amerika yang masih dihuni sampai saat ini. Kota ini berkembang sekitar tahun 600- 900 sebagai pusat ibadah bagi dewa Quetzalcoatl. Penggalian arkeologi yang dimulai sejak 1930-an masih berlangsung sampai saat ini.

5. Samarkand dan Bukhara, Uzbekistan

Samarkand berdiri sejak abad ke delapan SM, tetapi memiliki tanda-tanda aktivitas manusia yang berumur 40.000 tahun. Bukhara didirikan 500 SM jika ditelurusi lewat jejak budaya. Keduanya merupakan pusat pembelajaran Islam dan kota penting dari Jalur Sutra.

Plovdiv, Bulgaria.Dok. Madame Bulgaria Plovdiv, Bulgaria.

6. Plovdiv, Bulgaria

Orang-orang telah tinggal di kota ini sejak enam milenium SM, menjadikan Plovdiv sebagai salah satu kota tertua di Eropa. Kota ini berada di persimpangan Romawi dan menjadi kota penting di zaman lampau, kala itu dikenal sebagai Philippopolis.

7. Beirut, Lebanon

Beirut mulai dihuni 5000 tahun yang lalu dan disebut pertama kali dalam catatan sejarah pada abad ke 15 SM.

Chengdu, China.Dok. Traveller.com.au Chengdu, China.

8. Chengdu, China

Chengdu telah dihuni selama 4000 tahun lalu, tetapi baru memperoleh nama di awal abad ke empat SM. Kala itu Chengdu menjadi ibu kota negara bagian Shu. Selama Dinasti Tang (618-907) Chengdu adalah salah satu kota paling makmur di China.

Sebuah kapal wisata melintas di Selat Bosphorus dengan latar belakang bangunanbangunan yang tumbuh di bukit, Jumat (9/9/2016) sore. Pemandangan cantik seperti itu dengan leluasa bisa dinikmati turis di kawasan Bebek, Istanbul, Turki.
KOMPAS/BUDI SUWARNA Sebuah kapal wisata melintas di Selat Bosphorus dengan latar belakang bangunanbangunan yang tumbuh di bukit, Jumat (9/9/2016) sore. Pemandangan cantik seperti itu dengan leluasa bisa dinikmati turis di kawasan Bebek, Istanbul, Turki.

9. Istanbul, Turki

Dibangun sebagai Bizantium pada 667 SM. Kemudian dibangun kembali sebagai Konstantinopel di 330 M. Sejak saat itu kota ini terus berganti menjadi ibu kota dari penguasa yang berbeda. Menjadi ibu kota Romawi, Bizantium dan Ottoman selama 16 abad. Istanbul adalah salah satu kota yang paling terkenal di dunia.

10. Betlehem dan Yerikho, Palestina

Ditemukan 20 lapisan pemukiman di Yerikho dari 9.000 SM. Menunjukkan jika inilah kota paling tua di dunia yang masih dihuni sampai saat ini. Sedangkan bukti menunjukkan Betlehem ada sejak 1.400 SM, tetapi ada makam yang berasal dari 2.200 SM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com