Kompas.com - 27/10/2018, 16:37 WIB

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Mendoan basah selama ini dikenal sebagai jajanan khas Banyumas dengan bahan utama tempe yang digoreng garing dengan tepung. Jajanan ini biasa disajikan dalam keadaan hangat dan disandingkan dengan teh hangat pula.

Namun, di daerah Serang, Kabupaten Purbalingga, ada mendoan unik yang memadukan tempe berbalut tepung garing itu dengan strawberry.

Salah satu warga Purbalingga, Feby Nurlitasari (21) mengatakan, tempe mendoan strawberry ini cukup populer di daerah Serang, Purbalingga.

"Memang banyak yang jual di sekitar situ. Karena Serang itu dataran tinggi, banyak petani strawberry, dari situ akhirnya dimanfaatkan untuk dikombinasikan dengan mendoan," ujar Feby saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (27/10/2018).

Menurut Feby, tempe mendoan strawberry sudah mulai populer sejak setahun lalu.

"Sudah agak lama, sekitar tahun 2017 awal mulai populernya," ujar Feby yang saat ini masih kuliah di salah satu universitas di Semarang.

Namun, pengunjung hanya bisa menemukan jajanan ini di sekitar rest area tempat wisata Lembah Asri Serang.

Dari segi harga, mendoan strawberry ini dijual dengan harga Rp 1.000 - Rp 2.000 per sajiannya.

Sementara, Feby sendiri belum pernah merasakan mendoan strawberry secara langsung. Sebab, tak setiap saat strawberry tersedia.

"Makan langsung belum pernah sih, karena selalu belum pas dengan musim strawberry kalau ke sana. Tapi kata orang-orang rasanya unik, asem-asem kecut dicampur asin," ujar Feby.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.