Kompas.com - 28/10/2018, 12:08 WIB
Suasana salah satu sudut Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sebagai destinasi digital airport baru, Jumat (26/10/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIASuasana salah satu sudut Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sebagai destinasi digital airport baru, Jumat (26/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai destinasi Digital Airport pertama di Indonesia.

"Bukan hanya sebagai gerbang masuk wisatawan utama, tapi bandara ini punya terminal sebagai Destinasi Digital Airport pertama," tuturnya saat meluncurkan kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat di Terminal 3, Jumat (24/10/2018).

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin yang hadir dalam acara tersebut mengatakan ide ini sudah tercetus lama sejak dirinya belum menjabat. Tetapi kini ia sudah merealisasikannya.

"Bandara sebagai destinasi digital ini menurut saya ide yang sangat cerdas dari Kementerian Pariwisata, untuk mendorong tidak hanya akses, tap juga amenities dan attraction di bandara," tuturnya pada media.

Seorang penumpang tengah berpose dengan foto Jokowi dan hiasan bertuliskan Asian Games 2018 di Terminal 3 Keberangkatan Bandara SOekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/07/2018). PT Angkasa Pura AP (II) selaku pengelola bandara menyatakan siap memfasilitasi kedatangan dan kepulangan peserta Asian Games 2018 dengan menyiapkan sarana dan prasarana di tiga bandara yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Husein Sastranegara Bandung.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Seorang penumpang tengah berpose dengan foto Jokowi dan hiasan bertuliskan Asian Games 2018 di Terminal 3 Keberangkatan Bandara SOekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/07/2018). PT Angkasa Pura AP (II) selaku pengelola bandara menyatakan siap memfasilitasi kedatangan dan kepulangan peserta Asian Games 2018 dengan menyiapkan sarana dan prasarana di tiga bandara yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Husein Sastranegara Bandung.
Bandara internasional dengan 220.000 traffic penumpang setiap harinya, dan lebih dari 300.000 orang lalu-lalang ini di desain sebagai special attraction in special place.

Baik wisatawan maupun karyawan bisa menikmati banyak tempat menarik yang fotogenik, sudut-sudut yang unik, hingga fasilitas menginap di hotel kapsul.

"Bandara kita bikin banyak event supaya orang datang bukan hanya untuk terbang saja. Kita sudah menciptakan atraksi-atrasi event milenial yang fotogenik di sini, yang instagramable, jadi bukan hanya alam tapi juga buatan," kata Muhammad Awaluddin.

Ia menambahkan telah ada jadwal acara-acara rutin tiap tahunnya, sebanyak 15-20 acara per tiwulan, sehingga dalam satu tahun akan ada sekitar 45 acara.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaludin menggunakan kaos destinasi digital airport saat mensosialisasikan program tersebut, di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sebagai destinasi digital baru, Jumat (26/10/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaludin menggunakan kaos destinasi digital airport saat mensosialisasikan program tersebut, di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sebagai destinasi digital baru, Jumat (26/10/2018).
"Attraction-nya Terminal 3 tahun ini aja cukup banyak, terakhir menyambut Asian Games, terus ada Jember Fashion Carnival pra-eventnya di sini, kita akan dorong berganti-ganti. Beberapa titik juga kita ubah dan percantik secara berkala," tambahnya.

Menpar Arief Yahya menambahkan jika bandara menjadi destinasi digital, harus juga indah di kamera. Hal tersebut menjadi salah satu syarat penting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X