Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siaga Sejak Masuk Pesawat, Perhatikan 5 Hal ini untuk Keselamatan

Kompas.com - 29/10/2018, 14:05 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apapun pilihan transportasi Anda, baiknya selalu siaga sejak pertama kali menginjakkan kaki di transportasi tersebut. Jika pilihan transportasi Anda adalah pesawat ikuti selalu instruksi baik dari kru kabin maupun penguman.

Berikut adalah himbauan dari pengamat penerbangan Alvin Lie bagi penumpang pesawat untuk keselamatan penumpang pesawat:

1. Hitung Jarak Kursi ke Jendela atau Pintu Darurat

Hitung berapa kursi atau berapa langkah dari kusi Anda menuju jendela atau pintu darurat terdekat. Lakukan ini sesampainya di pesawat. Hal ini penting ketika terjadi keadaan darurat dalam keadaan gelap.

2. Perhatikan Instruksi

Selalu memerhatikan ketika kru kabin memeragakan tindakan keselamatan darurat. Setelahnya silahkan untuk melanjutkan kegiatan seperti membaca majalah, menonton, atau tidur.

3. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Meskipun tanda sabuk pengaman telah dipadamkan, baiknya selalu gunakan sabuk pengaman ketika duduk. Kecuali jika harus meninggalkan kursi pesawat misal untuk ke toilet.

4. Jangan Mengisi Daya dan Menyalakan Handphone

Meskipun handphone Anda dalam keadaan baterai yang rendah, jangan mengisi daya baterai dengan power bank. Beberapa kejadian power bank meledak permah terjadi di pesawat.

5. Gunakan Sepatu

Para pengamat selalu mengingatkan untuk menggunakan alas sepatu yang kokoh dan nyaman. Pakailah sepatu, sebab ketika ada tindakan darurat alas kaki berperan penting dalam proses evakuasi, sekaligus melindungi bagian kaki dari pecahan kaca, besi, atau api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com