Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pasar Tua dan Besar di Dunia, Belanja sampai Nyasar! 

Kompas.com - 29/10/2018, 16:11 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar adalah sebuah lokasi bersejarah dunia yang menjadi pusat transaksi sekaligus aktivitas manusia. Beberapa pasar bersejarah di dunia masih beroperasional sampai detik ini.

Usianya boleh ratusan tahun, tetapi aktivitas manusia terus berlanjut dan bahkan areanya terus meluas. Inilah pasar tua dan besar dari seluruh dunia, cocok menjadi destinasi para pecinta belanja dan budaya: 

1. Grand Bazaar, Istanbul

Salah satu pasar tertua paling terkenal di dunia, pembangunannya dimulai sejak tahun 1455. Saat ini Grand Bazaar menempati 61 jalan di Istanbul. Menampung 6.000 gerai yang menjual berbagai barang kebutuhan sampai oleh-oleh untuk turis. Setiap tajunnya Grand Bazaar dikunjungi lebih dari 90 juta orang.

Jangan lewatkan aneka karpet dan kerajinan keramik khas Timur Tengah di sini. Bahkan berjalan-jalan sekedar cuci mata di sini memberi pengalaman yang berbeda.

2. Nishiki, Kyoto

Pasar di Kyoto yang sudah ada sejak 400 tahun lalu ini adalah pusat kuliner lokal. Tidak hanya menjual makanan khas setempat, tetapi juga peralatan makan dan peralatan masak. Salah satu toko yang menarik adalah toko pisau Aritsugu yang sudah ada sejak 1560.

Bazaar E Bozorg di Iran.PBase.com Bazaar E Bozorg di Iran.

3. Bazaar E Bozorg, Esfahan, Iran

Sejak 1.000 tahun lalu, para penjual diketahui telah berkumpul di daerah ini. Karpet Persia, keramik, rempah-rempah, emas, dan perak di jual disini.

Penjual di Esfahan terkenal sangat ramah dengan pendatang, bahkan bagi yang sekedar ingin jalan-jalan tanpa belanja sekalipun.

4. La Boqueria, Spanyol

Catatan sejarah mencatat La Boqueria ada sejak 1217. Inilah pasar yang menjual kebutuhan segar seperti sayur, ikan, daging.

Jika ingin melihat kayanya hasil bumi dan laut Spanyol datanglah ke pasar ini. Di pasar ini sering diegrlar tur wisata kuliner atau kelas memasak singkat untuk turis.

La Boqueria, Spanyol.Dissolve La Boqueria, Spanyol.

5. Galleria Vittoro Emanuele II, Milan, Italia

Dari pada pasar, tempat ini lebih tepat disebut mal. Galleria dibangun dari 1860. Bentuk bangunannya beratap kubah transparan setinggi 17 meter dengan desain bangunan luar biasa indah. Ini adalah tempat bernanungnya rumah mode ternama khususnya dari Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com