Kompas.com - 29/10/2018, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar adalah sebuah lokasi bersejarah dunia yang menjadi pusat transaksi sekaligus aktivitas manusia. Beberapa pasar bersejarah di dunia masih beroperasional sampai detik ini.

Usianya boleh ratusan tahun, tetapi aktivitas manusia terus berlanjut dan bahkan areanya terus meluas. Inilah pasar tua dan besar dari seluruh dunia, cocok menjadi destinasi para pecinta belanja dan budaya: 

1. Grand Bazaar, Istanbul

Salah satu pasar tertua paling terkenal di dunia, pembangunannya dimulai sejak tahun 1455. Saat ini Grand Bazaar menempati 61 jalan di Istanbul. Menampung 6.000 gerai yang menjual berbagai barang kebutuhan sampai oleh-oleh untuk turis. Setiap tajunnya Grand Bazaar dikunjungi lebih dari 90 juta orang.

Jangan lewatkan aneka karpet dan kerajinan keramik khas Timur Tengah di sini. Bahkan berjalan-jalan sekedar cuci mata di sini memberi pengalaman yang berbeda.

2. Nishiki, Kyoto

Pasar di Kyoto yang sudah ada sejak 400 tahun lalu ini adalah pusat kuliner lokal. Tidak hanya menjual makanan khas setempat, tetapi juga peralatan makan dan peralatan masak. Salah satu toko yang menarik adalah toko pisau Aritsugu yang sudah ada sejak 1560.

Bazaar E Bozorg di Iran.PBase.com Bazaar E Bozorg di Iran.

3. Bazaar E Bozorg, Esfahan, Iran

Sejak 1.000 tahun lalu, para penjual diketahui telah berkumpul di daerah ini. Karpet Persia, keramik, rempah-rempah, emas, dan perak di jual disini.

Penjual di Esfahan terkenal sangat ramah dengan pendatang, bahkan bagi yang sekedar ingin jalan-jalan tanpa belanja sekalipun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.