8 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat - Kompas.com

8 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Kompas.com - 31/10/2018, 09:04 WIB
Ilustrasi pesawat penumpang Kanada.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi pesawat penumpang Kanada.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengatasi rasa takut saat menumpang pesawat bukan hal mudah bagi sebagaian orang. Sudah sering bepergian dengan pesawat sekalipun tidak menjamin seseorang lebih berani saat menumpang pesawat.

Belum lagi faktor lain seperti cuaca buruk atau berbagai insiden pesawat yang justru menambah rasa takut.

Namun yakinlah ketika menumpang pesawat, rasa takut justru membuat keadaan semakin buruk. Ada 8 hal yang bisa dicoba untuk mengatakasi takut menumpang pesawat, seperti berikut ini:

1. Fakta Keamanan Pesawat

NBC News dari Amerika Serikat memaparkan bahwa pesawat adalah transportasi atau alat yang paling aman urutan ke dua untuk mengantarkan manusia berpindah tempat. Tepat berada di bawah urutan eskalator dan elevator.

Perhitungan seseorang bisa terkena insiden pesawat adalah 1:11 juta orang. Pesawat dirancang tahan turbelensi dengan goncangan kuat sekalipun. Pilot juga sering memaparkan ini. Namun saat terbang mereka lebih menghindari turbulensi demi kenyamanan penumpang.

Data menunjukkan 99 persen cedera yang terjadi saat turbulensi jutsru karena tidak menggunakan sabuk pengaman atau tertimpa bagasi yang jatuh.

2. Jangan Disembunyikan

Jika sulit untuk mengatasi rasa takut, jangan disembunyikan. Bicaralah kepada kru kabin yang bertugas dan kepada penumpang di sebelah Anda. Kru kabin dilatih untuk menghadapi hal ini, begitu juga dukungan dari penumpang di sebelah Anda akan memengaruhi Anda.

3. Bayangkan Ada di Jalanan Darat

Cobalah untuk mengubah pikiran Anda, bahwa Anda di daratan. Turbulensi sama halnya dengan guncangan di daratan. Goyangkan tubuh Anda mengikuti guncangan.

4. Minta Kursi di Bagian Depan

Guncangan akan lebih terasa jika duduk di bangku barisan belakang. Cobalah untuk meminta kursi di bagian depans aat check in.

5. Alihkan Perhatian

Bacalah buku, menonoton televisi, makan, atau mengobrol. Alihkan perhatian Anda dari guncangan yang terjadi.

6. Hindari Kafein dan Alkohol

Hanya akan memperburuk suasana hati. Terutama alkohol karena akan membuat tenggorokan kering dan tubuh dehidrasi. Satu gelas wine mungkin masih dapat ditolelir untuk menenangkan, tetapi tidak untuk gelas selanjutnya.

7. Dengarkan Musik yang Menenangkan

Buatlah daftar lagu khusus untuk perjalanan dengan pesawat. Bisa lagu yang menenangkan, atau justru suara rintik hujan yang lembut, suara ombak, atau suara hutan. Carilah musik yang menenangkan bagi Anda.

8. Pakai Essential Oil atau Minyak Tumbuhan

Beberapa minyak tumbuhan murni memiliki efek untuk menenangkan. Pakailah minyak ini bila menurut Anda dapat menenangkan dan bahkan membuat tidur kian nyenyak di pesawat.



Close Ads X