Kompas.com - 02/11/2018, 09:16 WIB
Salah satu sudut kota di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (12/8/2015). KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoSalah satu sudut kota di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (12/8/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga rating wisata muslim dunia, Mastercard-CrescentRating kembali merilis hasil Global Muslim Travel Index (GMTI) untuk 2018.

Menurut hasil GMTI 2018, Malaysia secara berturut-turut selama delapan tahun kembali menjuarai indeks wisata halal dunia. Sedangkan Indonesia berhasil naik di urutan kedua bersama Uni Emirat Arab.

Hal ini juga diakui oleh Roslan Othman, Direktur Tourism Malaysia Jakarta ketika ditemui KompasTravel di hotel Akmani Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Tidak berpuas diri, Malaysia terus mengembangkan ide-ide kreatif untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan muslim terutama dari Indonesia.

Menurut Roslan, Indonesia menjadi pasar yang sangat besar bagi wisata halal Malaysia, mengingat dengan 265 juta penduduk dan mayoritasnya penduduk adalah muslim.

“Sebanyak 2.200 wisatawan muslim Indonesia yang datang ke Malaysia dari periode Januari hingga Agustus 2017. Ini naik 30 persen dari tahun kemarin. Jadi untuk target 3.000 ini selama tiga bulan program ini bisalah dicapai,” kata Roslan.

Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu dari 10 Muslim Outbound Tourism Markets.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Malaysia dirasa akan menjadi destinasi pilihan mengingat jaraknya yang dekat dan kemudahan dalam akses dari berbagai kota di Indonesia ke Malaysia.

Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, salah satu ikon di negara tersebut. KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, salah satu ikon di negara tersebut.
“Malaysia adalah destinasi halal trip yang pertama di dunia dan wisatawan mslim Indonesia sering berwisata ke luar negri. Kalau dilihat Indonesia adalah pasar paling besar. Untuk itu kami mengincar 3.000 wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Malaysia melalui paket halal trip ini,” jelas Roslan.

Salah satu usaha untuk meningkatkan jumlah kunjungan, Tourism Malaysia (TM) membuat program Malaysia Halal Tour Packages (MHTP) yang akan dijual kepada sekitar 150 tour and travel di Indonesia yang hadir dalam acara Launching dan Seminar Malaysia Halal Tour di Akmani Hotel Jakarta, Rabu (31/10/2018).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.