Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Tur Halal dan Wisata Muslim

Kompas.com - 03/11/2018, 21:10 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tur halal dan wisata muslim seringkali diartikan sama. Padahal, ada perbedaan mendasar antara tour halal dan wisata muslim.

Hal itu dikemukakan oleh Roslan Othman, Direktur Tourism Malaysia Jakarta dalam acara Launching dan Presentasi Paket Malaysia Halal Tour Packages (MHTP) di Akmani Hotel Jakarta, Rabu (31/10/2018).

“Perlu dibedakan wisata muslim dan tour halal. Kebanyakan orang tidak paham. Wisata muslim itu seperti di Arab. Mereka pergi wisata di Arab, mereka ikut wisata muslim di sana, mereka lihat jejak para rasul,” kata Roslan.

“Sedangkan halal tour adalah wisata biasa yang mana praktik kerjanya halal. Mau pergi makan sudah ada tempat makanan halal, mau sholat juga ada tempatnya,” jelas Roslan.

Ia juga menjelaskan bahwa wisata religius berkonsep muslim, sedangkan wisata halal melihat banyak sektor mulai keselamatan, makanan, hingga keamanan.

“Kalau di Indonesia, banyak wisata religius seperti Wali Songo, masjid kuno. Di Malaysia, kita tidak banyak wisata religius, kita lebih banyak wisata halal,” jelas Roslan.

Untuk itu, Roslan dan tim lebih mengunggulkan potensi wisata alam untuk menarik minat wisatawan muslim dari Indonesia bukan wisata religi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com