Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Tour de Borobudur, Menikmati Indahnya Jalan Tol Batang-Semarang

Kompas.com - 04/11/2018, 09:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Event bersepeda BTN Tour de Borobudur 2018 mulai digelar hari Sabtu (3/11/2018) ini dan akan berlanjut Minggu (4/11/2018) hari ini.

Di hari pertama, ratusan pesepeda ditantang untuk bersepeda sejauh 100 km dari Semarang menuju Batang. Rute yang diambil pun khusus yaitu jalan tol Batang-Semarang yang saat ini tengah dibangun.

Ratusan pesepeda itu secara resmi dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Direktur Utama PT BTN Maryono di Halaman Balaikota Semarang pada pukul 05.30 WIB. Ratusan peserta yang memadati halaman kantor Balaikota langsung bergegas memacu kecepatannya begitu dimulai.

Rute pada hari pertama dimulai dari halaman Balaikota Semarang, kemudian Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Siliwangi, Jalan Profesor Hamka, kemudian masuk ke jalan tol di Ngaliyan, Kota Semarang.

Dari titik itu, pesepeda diajak untuk mengeksplor lintasan dan panorama alam di sepanjang jalan tol yang direncanakan dipakai awal 2019 ini. Titik finish dari jalur tol itu yaitu Jembatan Kalikuto, di perbatasan Batang dan Kendal, Jawa Tengah.

Para peserta Tour de Borobudur di Semarang, Sabtu (3/11/2018).Dok. BTN Para peserta Tour de Borobudur di Semarang, Sabtu (3/11/2018).
"Event ini memang melintasi proyek tol agar peserta tahu dan mengeksplor proyek infrastuktur yang dikerjakan pemerintah," ujar Ganjar Pranowo, seusai membuka acara.

Ganjar yakin agenda yang memadukan kegiatan olahraga dan pariwisata lambat laun akan menjadi tren wisata ke depan. Apalagi pada pekan depan akan diadakan Borobudur Marathon 2018 dengan 10.000 peserta.

"Jadi ini hanya awalan. Minggu depan ada yang lebih besar lagi, Borobudur Marathon," tambahnya.

BTN Tour de Borobudur dikawal oleh ratusan petugas kepolisian dari Polda Jawa Tengah dan 6 Polres jajaran yang dilalui rute para pesepeda.

Kepala Biro Operasi Polda Jateng, Kombes Pol Haryanto mengatakan pengamanan melibatkan  Satuan Lalu-lintas, Sabhara, dan Intelkam. Rute yang dipakai sebagian merupakan jalan umum, namun tidak dilakukan penutupan.

Pihak keamanan meminta kepada semua peserta untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetap. Polisi juga meminta untuk mengecek sepeda sebelum digunakan untuk jarak jauh.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama peserta BTN Tour de Borobudur XVIII 2018 melintas di ruas jalan tol Semarang-Kalikuto, Sabtu (3/11/2018).Mico Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama peserta BTN Tour de Borobudur XVIII 2018 melintas di ruas jalan tol Semarang-Kalikuto, Sabtu (3/11/2018).
"Rem juga diperhatikan, karena ada jalur sepanjang 8 Km yang terus menurun," ucap Haryanto.

Ketua Panitia BTN Tour de Borobudur 2018, Santoso, mengatakan saat ini tercatat lebih dari 2.000 orang tercatat sebagai peserta, baik kategori 200 Km, 100 Km dan VIP. Namun untuk hari pertama dibuka untuk 200 km.

Ganjar Pranowo yang membuka acara ini juga ikut menjadi peserta untuk kategori 200 Km.

"Pak Ganjar ikut memimpin untuk kategori 200 km. Kami berharap pesta bersepeda kali bisa berjalan lancar seperti sebelum-sebelumnya," kata Santoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com