Kompas.com - 04/11/2018, 09:30 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Event bersepeda BTN Tour de Borobudur 2018 mulai digelar hari Sabtu (3/11/2018) ini dan akan berlanjut Minggu (4/11/2018) hari ini.

Di hari pertama, ratusan pesepeda ditantang untuk bersepeda sejauh 100 km dari Semarang menuju Batang. Rute yang diambil pun khusus yaitu jalan tol Batang-Semarang yang saat ini tengah dibangun.

Ratusan pesepeda itu secara resmi dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Direktur Utama PT BTN Maryono di Halaman Balaikota Semarang pada pukul 05.30 WIB. Ratusan peserta yang memadati halaman kantor Balaikota langsung bergegas memacu kecepatannya begitu dimulai.

Rute pada hari pertama dimulai dari halaman Balaikota Semarang, kemudian Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Siliwangi, Jalan Profesor Hamka, kemudian masuk ke jalan tol di Ngaliyan, Kota Semarang.

Dari titik itu, pesepeda diajak untuk mengeksplor lintasan dan panorama alam di sepanjang jalan tol yang direncanakan dipakai awal 2019 ini. Titik finish dari jalur tol itu yaitu Jembatan Kalikuto, di perbatasan Batang dan Kendal, Jawa Tengah.

Para peserta Tour de Borobudur di Semarang, Sabtu (3/11/2018).Dok. BTN Para peserta Tour de Borobudur di Semarang, Sabtu (3/11/2018).
"Event ini memang melintasi proyek tol agar peserta tahu dan mengeksplor proyek infrastuktur yang dikerjakan pemerintah," ujar Ganjar Pranowo, seusai membuka acara.

Ganjar yakin agenda yang memadukan kegiatan olahraga dan pariwisata lambat laun akan menjadi tren wisata ke depan. Apalagi pada pekan depan akan diadakan Borobudur Marathon 2018 dengan 10.000 peserta.

"Jadi ini hanya awalan. Minggu depan ada yang lebih besar lagi, Borobudur Marathon," tambahnya.

BTN Tour de Borobudur dikawal oleh ratusan petugas kepolisian dari Polda Jawa Tengah dan 6 Polres jajaran yang dilalui rute para pesepeda.

Kepala Biro Operasi Polda Jateng, Kombes Pol Haryanto mengatakan pengamanan melibatkan  Satuan Lalu-lintas, Sabhara, dan Intelkam. Rute yang dipakai sebagian merupakan jalan umum, namun tidak dilakukan penutupan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.