Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Masa Inap Wisatawan Saat Berkunjung ke Indonesia?

Kompas.com - 05/11/2018, 18:10 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berwisata di daerah Indonesia, wisatawan umumnya akan menginap di hotel atau akomodasi lainnya. Lama inap wisatawan ini nyatanya bisa dihitung.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis laporan Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional September 2018.

Dalam laporan ini tercatat rata-rata lama inap tamu baik dari lokal maupun mancanegara di hotel klasifikasi bintang di Indonesia.

Pada September 2018 misalnya, rata-rata lama inap tamu lokal dan mancanegara adalah 1,97 hari. Jumlah tersebut tidak ada perbedaan jika dibandingkan periode September 2017.

Baca juga: Ada Kolam Renang Transparan Menggantung di Hotel Jakarta

Namun secara umum, rata-rata lama inap tamu mancanegara di Indonesia pada September 2018 lebih lama daripada tamu lokal, yakni 2,85 hari. Sedangkan tamu lokal 1,79 hari.

Sedangkan jika dirunut, provinsi dengan rata-rata lama inap tamu paling panjang September 2018 adalah Bali dengan 3,06 hari, Nusa Tenggara Barat 3,01 hari, dan Papua 2,35 hari.

Rata-rata lama menginap tamu wisatawan asing paling pendek terjadi di Sumatera Utara dengan 1,36 hari.

Untuk tamu mancanegara paling lama menginap di Kalimantan Selatan dengan lama inap 4,51 hari. Sedangkan paling sebentar di Lampung dengan lama inap 1,19 hari.

Bagi tamu lokal, Nusa Tenggara Barat menjadi pilihan paling lama menginap yakni 2,65 hari. Sedangkan lama inap paling pendek di Banten 1,34 hari, sepanjang September 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com