Perhatikan 7 Hal Ini saat Pelesir di Australia Barat - Kompas.com

Perhatikan 7 Hal Ini saat Pelesir di Australia Barat

Kompas.com - 07/11/2018, 08:10 WIB
Margaret River Gourmet Escape, salah satu festival yang digelar di Australia Barat. DOK. Tourism Western Australia Margaret River Gourmet Escape, salah satu festival yang digelar di Australia Barat.


JAKARTA, KOMPAS.com – Pelesiran di Australia Barat, wisatawan bisa mengunjungi beberapa destinasi menggunakan perjalanan darat dari Kota Perth. Beberapa destinasi lain yang bisa Anda kunjungi dan lokasinya tak jauh dari Perth seperti Rockingham, Fremantle, Swan Valley, hinggga Margaret River.

Baca juga: 5 Kafe Instagramable di Perth, Australia

Tertarik untuk melakukan perjalanan darat ini? Berikut tips dari Tourism Western Australia saat melakukan perjalanan tersebut.

1. SIM

Bila Anda ingin menyetir kendaraan di Australia, jangan lupa untuk membawa Surat Izin Mengemudi Internasional. Ini salah satu syarat wajib untuk mengemudi di sana.

2. Pelajari Aturan Mengemudi Setempat

Swan Valley, Australia Barat.            DOK. Tourism Western Australia/ FRANCES ANDRIJICH Swan Valley, Australia Barat.

Setelah Anda memiliki SIM Internasional, hal terpenting lainnya adalah mengetahui aturan atau tata cara saat mengemudi di sana.

Seperti halnya rambu, aturan parkir, marka jalan, tujuannya untuk keselamatan dan mengurangi resiko kecelakaan.

3. Persiapkan Kendaraan

Agar perjalanan lebih aman, Anda juga harus memeriksa kondisi mobil yang digunakan.

Pastikan mobil dalam kondisi bagus, memiliki ban cadangan, dan memiliki dongkrak mobil untuk antipasti di perjalanan.

Kemudian juga memasang baterai ganda pada kendaraan Anda, mencegah saat kehabisan baterai, sehingga tidak akan terdampar di perjalanan.

4. Rute Perjalanan

Rockingham, Australia BaratDOK. Tourism Western Australia Rockingham, Australia Barat

Sebelum bepergian, sebaiknya Anda mendapatkan informasi yang cukup soal perjalanan. Seperti halnya rute perjalanan yang akan ditempuh, dan bisa menggunakan peta online.

5. Siapkan Bekal dan Nomor Darurat

Salah satu yang tak boleh luput dari bawaan Anda adalah makanan dan minuman. Ini sangat penting bila Anda tak dapat menemukan restoran di perjalanan, sehingga bekal tersebut setidaknya dapat mengganjal rasa lapar.

Kemudian juga jangan lupa untuk menyimpan nomor-nomor darurat lokal, ini juga merupakan salah satu langkah antisipasi kala situasi darurat.

6. Satwa Liar di Jalan

Wisatawan yang menyetir juga diimbau untuk waspada terhadap satwa liar yang berkeliaran di jalanan, seperti kangguru, sapi, unta, hingga elang.

7. Akomodasi

Bila Anda melakukan perjalanan panjang di Australi Barat, jangan lupa mengenai akomodasi.

Di sana terdapat beragam pilihan akomodasi, mulai dari berkemah, retret di alam, hingga penginapan yang menawarkan pemandangan begitu indah.



Close Ads X