10 Obyek Wisata Instagramable di 10 Destinasi Bali Baru - Kompas.com

10 Obyek Wisata Instagramable di 10 Destinasi Bali Baru

Kompas.com - 07/11/2018, 23:41 WIB
Pemandangan Danau Toba yang terlihat dari obyek wisata reliji Bukit Doa Tapanuli Bersinar (Taber) di Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Foto diambil Jumat (9/9/2016).Nursita Sari Pemandangan Danau Toba yang terlihat dari obyek wisata reliji Bukit Doa Tapanuli Bersinar (Taber) di Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Foto diambil Jumat (9/9/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com – Tempat liburan untuk melepas penat tentunya tak melulu harus ke Bali. Ada beragam destinasi wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi untuk berburu spot-spot yang Instagramable.

Kementerian Pariwisata sendiri mengembangkan 10 destinasi “Bali Baru” untuk mendongkrak pemerataan pariwisata Indonesia. Anda pun bisa mengunjungi 10 destinasi “Bali Baru” yang tak kalah indahnya.

(Baca juga: Mewujudkan Sepuluh Bali Baru)

Adapun 10 destinasi Bali Baru yang dikembangkan pemerintah adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

Nah, di 10 destinasi “Bali Baru” tentunya punya beberapa obyek wisata andalan yang mesti didatangi bagi pemburu foto yang Instagramable. Berikut KompasTravel himpun 10 obyek wisata yang Instagramble di 10 destinasi “Bali Baru.

1. Bukit Panatapan Huta Hinjang, Danau Toba

Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Huta Ginjang di Desa Dolok Martumbur, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Selasa (23/8/2016). Obyek wisata ini terletak kurang lebih berjarak 8 kilometer dari Bandara Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Huta Ginjang di Desa Dolok Martumbur, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Selasa (23/8/2016). Obyek wisata ini terletak kurang lebih berjarak 8 kilometer dari Bandara Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
Di Bukit Huta Hinjang, Anda bisa melihat pemandangan Danau Toba. Sebelumnya, Anda akan dibawa melewati jalan yang berkelok-kelok dan sedikit tak rata jelang tiba di Bukit Huta Ginjang.

Di bukit ini, wisatawan bisa melihat Pulau Samosir dan Sibandang. Anda bisa sekedar duduk untuk menikmati pemandangan sambil berburu foto yang Instagramable.

Anda bisa berfoto dengan pemandangan Danau Toba. Spot foto lainnya yang bisa dipilih adalah berdiri di landasan take off dengan latar belakang pepohonan yang berada di lembah bukit.

(Baca juga: Kena Delay di Bandara Silangit, Coba Kabur Sejenak ke Bukit Panatapan Huta Ginjang)

Bukit Huta Ginjang terletak tak jauh dari Bandara Silangit atau bisa ditempuh sekitar 16 menit menggunakan kendaraan. Bukit Huta Ginjang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

2. Pantai Pulau Lengkuas, Kepulauan Bangka Belitung

Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.
Nah, tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali adalah Pantai Pulau Lengkuas. Di sana, Anda tak hanya melihat pasir pantai yang bersih melainkan ada bebatuan granit hitam yang menghampar dan mercusuar

Bebatuan granit di Pantai Pulau Lengkuas bisa jadi spot foto yang Instagramable. Anda bisa berpose sambil berdiri di atas batu, duduk di atas batu, atau berdiri di sela-sela batu, maupun berdiri dengan latar belakang mercusuar.

Pastikan Anda menggunakan baju berwarna cerah agar kontras dengan warna batu. Foto dengan latar belakang birunya pantai juga bisa jadi pilihan foto yang Instagramable.

(Baca juga: 4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Liburan di Pulau Lengkuas)

Pantai Pulau Lengkuas Kabupaten Bangka Belitung. Dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Pantai Pulau Lengkuas bisa ditempuh terlebih dahulu ke Pantai Tanjung Kelayang dan menyeberang menggunakan kapal sekitar 20 menit.

3. Pantai Tanjung Lesung, Banten

Jalur menuju Beach Club di sepanjang pinggir Pantai Tanjung Lesung, Jumat (13/2/2015). Tanjung Lesung Conservation Park sementara akan dibangun dekat Beach Club seluas satu hektar. Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Jalur menuju Beach Club di sepanjang pinggir Pantai Tanjung Lesung, Jumat (13/2/2015). Tanjung Lesung Conservation Park sementara akan dibangun dekat Beach Club seluas satu hektar.
Banten punya Tanjung Lesung yang siap memanjakan Anda dengan beragam spot foto yang Instagramable. Begitu masuk area Tanjung Lesung, Anda bisa langsung mengambil foto-foto untuk diunggah ke Instagram.

Anda bisa berdiri di tengah jalan menuju pintu masuk kawasan wisata Tanjung Lesung yang ditumbuhi pepohonan. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di area wisata Tanjung Lesung seperti di pinggir pantai, di tepi laut, atau di spot-spot foto lainya.

Pemandangan yang ditawarkan ada laut, pasir putih, atau pepohonan yang hijau. Anda juga bisa memadukan pemandangan laut dan pepohonan untuk menjadikan foto lebih berwarna sebelum diunggah ke Instagram.

(Baca juga: Tips Berkunjung ke Tanjung Lesung)

Pantai Tanjung Lesung terletak di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dari Jakarta, Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 176 kilometer.

4. Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Pemandangan laut dari atas Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Pulau Seribu, DKI Jakarta.Kompas.com/Robertus Belarminus Pemandangan laut dari atas Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Pulau Seribu, DKI Jakarta.
Kepulauan Seribu menawarkan ribuan keindahan yang bisa dicoba bagi pemburu foto Instagram. Anda bisa memilih pulau-pulau yang di Kepulauan Seribu untuk berburu foto dan diunggah ke Instagram.

Salah satu pulau yang bisa dikunjungi dan cukup populer di kalangan backpacker adalah Pulau Tidung. Di sana, Anda bisa menemukan keindahan gradasi biru air laut yang siap memanjakan mata.

Tentunya, Anda bisa berfoto di atas Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung. Anda bisa berdiri di atas jembatan atau berfoto dengan latar belakang laut.

Pastikan juga pakaian yang Anda gunakan berwarna kontras. Anda juga bisa menunggu matahari terbit maupun tenggelam untuk menambah variasi foto.

(Baca juga: Jembatan Cinta, Lokasi Favorit Pelancong di Pulau Tidung)

Pulau Tidung secara administrasi berada di wilayah Kabupaten Pulau Seribu, DKI Jakarta. Anda bisa menjangkau Pulau Tidung dari Dermaga Muara Angke, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Dermaga Marina Ancol.

5. Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah

Relief Siddharta Gautama memangkas rambut, Candi Borobudur, Jawa Tengah.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Relief Siddharta Gautama memangkas rambut, Candi Borobudur, Jawa Tengah.
Untuk yang suka budaya tetapi tak ingin ketinggalan foto-foto yang Instagramable, Anda bisa datang ke area Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Selain bisa dapat foto yang Instagramable, Anda bisa dapat cerita sejarah maupun budaya yang menarik untuk dibagikan melalui Instagram.

Anda bisa datang ke candi-candi di sekitar Candi Borobudur seperti Prambanan, dan Ratu Boko. Di candi-candi itu, Anda bisa mengambil pose dengan latar belakang candi-candi pada siang hari maupun pagi hari.

Di Candi Borobudur misalnya, Anda bisa masuk ke area candi untuk menikmati suasana matahari terbit di sela-sela pemandangan awan-awan tipis di perbukitan. Di Candi Ratu Boko, wisatawan bisa menikmati suasana matahari terbenam yang tentunya sayang dilewatkan untuk diabadikan lewat foto.

(Baca juga: Menpar: Candi Borobudur Layak Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia)

Lokasi candi-candi Kompleks Taman Wisata Candi Borobur relatif mudah diakses. Anda bisa menjangkau candi-candi tersebut dari Kota Yogyakarta.

6. Puncak B29, Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Puncak B29 adalah salah satu spot untuk menikmati momen matahari terbit.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Puncak B29 adalah salah satu spot untuk menikmati momen matahari terbit.
Obyek wisata yang sedang “hits” di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur adalah B29 Lumajang. Di B29, wisatawan bisa mendaki ke puncak dan mendapatkan pemandangan Gunung Bromo dari sisi yang berbeda.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke B29 adalah ketika menjelang matahari terbit. Selain komposisi warna yang menarik, wisatawan bisa mendapatkan cahaya yang alami.

Puncak B29 selain bisa jadi tempat foto yang Instagramable, juga punya cerita yang menarik. B29 hingga saat ini merupakan tempat ritual dan penghormatan terhadap leluhur. Menarik bukan?

(Baca juga: Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya..)

Puncak B29 Lumajang bisa dijangkau dari Kabupaten Jember maupun Kabupaten Probolinggo. Transportasi yang efektif untuk dipilih adalah kereta api dari Surabaya – Banyuwangi dan turun di Stasiun Klakah.

7. Pantai Seger, Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Seorang wisatawan mancanegara berjalan di pasir usai berselancar di Pantai Seger, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (20/11/2015) sore. Pantai Seger merupakan tempat berselancar bagi wisatawan yang telah memiliki keahlian.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Seorang wisatawan mancanegara berjalan di pasir usai berselancar di Pantai Seger, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (20/11/2015) sore. Pantai Seger merupakan tempat berselancar bagi wisatawan yang telah memiliki keahlian.
Pantai Seger merupakan bagian dari kawasan wisata Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kawasan Pantai Seger masih berada di satu garis dengan Pantai Kuta Lombok.
Di sana, Anda bisa mendaki bukit di sekitar Pantai Seger. Pemandangan yang bisa terlihat adalah hamparan pasir putih Pantai Kuta.

(Baca juga: Pantai Seger Jadi Tujuan Wisatawan Eropa Berselancar)

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Seger adalah jelang sore hari. Anda bisa menikmati suasana “golden hour” dan memotret matahari terbenam.

Pantai Seger bisa diakses dari Bandara Internasional Lombok dengan kendaraan mobil. Jarak dari Bandara Internasional Lombok ke Pantai Seger berkisar 21 kilometer.

8. Pantai Pink, Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Pemandangan Pink Beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (30/11/2010). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemandangan Pink Beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (30/11/2010).
Obyek wisata Pantai Pink di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur tentunya tak boleh terlewatkan untuk liburan. Dari namanya, sudah bisa ditebak karakteristik pantainya. Ya, pasir pantainya berwarna pink.

Anda bisa berfoto dengan latar pemandangan gradasi warna pink dari pasir pantai dan laut yang berwarna biru. Paduan gradasi warna pink dan biru akan menambah keren foto Anda.

Anda juga bisa menjelajah area perbukitan di sekitar Pantai Pink. Dari ketinggian, foto yang dihasilkan bisa menunjukkan pasir pantai yang lebih terlihat pink.

(Baca juga: Pantai Pink di Komodo Jadi Primadona Wisman)

Pantai Pink berada tak jauh dari Pulau Komodo. Dari Kota Labuhan Bajo, Pantai Pink bisa dicapai dengan kapal sekitar 30 menit perjalanan.

9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

WakatobiHilda B Alexander/Kompas.com Wakatobi
Nah, Wakatobi adalah destinasi wisata yang wajib masuk daftar tujuan wisata Anda. Selain kaya akan keindahan bahari, Wakatobi punya segudang tempat yang bisa dikunjungi untuk berburu foto.

Ada obyek wisata seperti Puncak Jamakara, Kaledupa. Di sana, Anda bisa menikmati pemandangan laut Wakatobi dari ketinggian.

Anda juga bisa datang ke Pantai Waikesa yang berada di Pulau Wangi-wangi. Pemandangan yang bisa dilihat di Pantai Waikesa seperti pasir putih dan bebatuan karang bolong yang cocok untuk jadi bingkai foto Anda.

(Baca juga: Liya Togo, Sisi Lain Wakatobi yang Perlu Dijelajahi)

Akses untuk berwisata ke Wakatobi adalah menuju Bandara Haluoleo. Selanjutnya, perjalanan bisa ditempuh menggunakan perahu.

10. Pantai Dodola, Morotai, Maluku Utara

Keindahan Pulau Dodola, Maluku Utara.Dok. Dinas Pariwisata Maluku Utara Keindahan Pulau Dodola, Maluku Utara.
Sekarang waktunya pergi ke daerah timur Indonesia. Anda bisa memilih Pantai Dodola di Maluku Utara untuk tempat liburan.

Di sana, Anda bisa mendapatkan foto-foto yang Instagramable lantaran pemandangan pasir pantai yang putih dan gradasi warna air laut. Nah, bila air laut sedang surut Anda juga bisa berfoto di pasir yang menyambungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil.

Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut di sekitar Pulau Dodola. Ada kapal dan pesawat yang karam bekas Perang Dunia kedua di sekitar Pulau Dodola.

(Baca juga: Bersenang-senang Menyelam di Dodola)

Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Pulau Dodola bisa dicapai dari Tobelo menuju Pelabuhan Daruba lalu dilanjutkan dengan kapal cepat.



Close Ads X