Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Buka Rute Penerbangan Baru Kertajati-Kualanamu

Kompas.com - 08/11/2018, 21:13 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia kembali membuka rute domestik baru yaitu Kertajati-Kualanamu.

Rute baru ini diberlakukan untuk mempermudah aksesibilitas dan konektivitas masyarakat di wilayah Sumatera Utara maupun Jawa Barat.

Para penumpang maskapai Citilink sudah bisa menikmati rute baru ini dari Kabupaten Majalengka menuju Kota Medan mulai Jumat (9/11/2018).

“Selain menjadi opsi penghubung antar kota, diharapkan dengan pembukaan rute baru ini Citilink Indonesia juga dapat menjadi salah satu pendukung pertumbuhan pariwisata dan perekonomian di kedua kota tersebut,” kata Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/11/2018).

Pada penerbangan perdana rute baru Kertajati (KJT) - Kualanamu (KNO) , akan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas hingga 180 penumpang dengan nomor penerbangan QG 831.

Tampilan bagian depan Bandara Kertajati Humas PT BIJB Tampilan bagian depan Bandara Kertajati

Penerbangan ini dijadwalkan terbang dari Bandara Internasional Kertajati pukul 08.45 WIB dan tiba di Bandara Internasional Kualanamu pada pukul 11.25 WIB.

Kemudian penerbangan dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Kertajati dengan QG 830 dijadwalkan terbang pada pukul 05.40 WIB dan tiba di Bandara Internasional Kertajati pada pukul 08.05 WIB.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menyambut baik pembukaan rute baru ini.

Penumpang berjalan menuju ruang tunggu Gate 8 di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Bandara Kualanamu adalah satu pintu masuk wisatawan menuju Danau Toba.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Penumpang berjalan menuju ruang tunggu Gate 8 di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Bandara Kualanamu adalah satu pintu masuk wisatawan menuju Danau Toba.

“Rute ini akan diminati masyarakat karena berdasarkan kebutuhan penerbangan, layanan menuju Medan cukup besar untuk kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) yang masuk dalam catchment area. Target kita sampai akhir tahun ini ingin bisa melayani 14 rute baik domestik maupun internasional yang dilakukan secara direct," kata Virda.

Dengan demikian, Ranty juga berharap dengan adanya rute baru ini dapat mendukung pertumbuhan perekonomian dan membantu kelancaran arus perdagangan di kedua destinasi tersebut.

Hingga saat ini, Citilink Indonesia melayani penerbangan telah melayani penerbangan ke 35 kota dengan 74 rute dan lebih dari 284 frekuensi penerbangan setiap harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com