Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2018, 15:02 WIB
I Made Asdhiana

Editor

LONDON, KOMPAS.com - Sebanyak 350 taksi dan 15 bus wisata berlogo "Wonderful Indonesia" merajai kota London, selama bulan November 2018.

Taki dan bus wisata dengan gambar berbagai obyek wisata seperti Danau Toba-Sumut, Siallagan-Samosir, Bromo-Jatim, Borobudur-Jateng, Jakarta, Pulau Padar-NTT, Komodo-NTT, Kawah Ijen dan Tari Gandung-Banyuwangi, Raja Ampat, Tari Legong-Bali mengelilingi ikon dan obyek wisata di kota London.

Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Antara London, Selasa (6/11/2018) usai berkeliling kota dengan taksi mengatakan kehadiran "Wonderful Indonesia" di taksi Inggris yang dikenal dengan "black cab" bersamaan dengan keikutsertaan Kementerian Pariwisata dalam World Travel Market (WTM) London yang berlangsung di gedung Excel London pada 5-7 November 2018.

Baca juga: Keindahan NTT Dipromosikan di London

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Wakil Kepala Perwakilan KBRI London, Adam Mulawarman Tugio berkeliling ke berbagai tempat yang menjadi ikon kota London seperti Horse Guards Parade Whitehall, Westminster, Admiralty Arch The Mall, di St. James's, dan London Eyes.

Menpar mengatakan Kementerian Pariwisata selalu memiliki cara cerdas memperkenalkan pariwisata Indonesia ke mancanegara. Saat ini menjadi momentum yang tepat karena melibatkan jutaan pasang mata, seperti branding saat penyelenggaraan World Travel Mart London, Inggris.

Baca juga: Menikmati Musik Sunda Sambil Ngabuburit di London

WTM merupakan ajang tempat berkumpul pelaku industri pariwisata dunia, di mana Kota London dipilih menjadi tuan rumahnya.

Taksi-taksi di London dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan seperti Candi Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat. Promosi Wonderful Indonesia ini berlangsung pada 16 Oktober hingga 12 November 2017.ARSIP KEMENPAR Taksi-taksi di London dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan seperti Candi Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat. Promosi Wonderful Indonesia ini berlangsung pada 16 Oktober hingga 12 November 2017.
Deputi Strategi Komunikasi II Kemenpar Martini Paham mengatakan, terdapat tiga Open Great Bus yang dibalut "full wrap" selama November 2018 yang menampilkan gambar destinasi Borobudur, Pura Ulundanu Beratan, Gebigan, Tari Leging, Pulau Padar dan NTT.

Baca juga: Setelah Amsterdam dan London, Kota Ini Mulai Dilirik Garuda Indonesia

Selain itu, ada 10 Open Great Bus yang dibungkus Mega Rear yaitu gambar Danau Toba, Siallagan Samosir, Bromo, Jakarta, Pulau Padar, Komodo, Kawah Ijen, Tari Gandrung, Raja Ampat, Tari Legong, Gebogan.

Sementara 350 taksi yang berbalut full wrap dengan berbagai destinasi serupa. Sedangkan dua unit Open Great Bus akan dibungkus Wonderful Indonesia selama lima minggu.

Baca juga: Seru, Pakai Kostum Asli Harry Potter di Warner Bros Studio Tour London

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya mengatakan strategi promosi harus dilakukan dengan tepat dan baik agar mendapat dampak positif.

"Kita selalu menyiapkan strategi untuk memperkenalkan Wonderful Indonesia ke mancanegara. Salah satunya dengan branding di Black Cab Taxi," katanya.

Menurutnya, Black Cab Taxi memiliki mobilitas tinggi, tidak hanya dilihat warga London, tetapi juga wisatawan dan pelaku industri pariwisata dari berbagai belahan dunia yang hadir di WTM London 2018.

Suasana di Westminster Pier, tempat para peserta cruise tour berangkat untuk menyusuri Sungai Thames di London, Inggris, Minggu (5/11/2017). Tampak London Eye, ikon London, di seberangnya.KOMPAS.com/Caroline Damanik Suasana di Westminster Pier, tempat para peserta cruise tour berangkat untuk menyusuri Sungai Thames di London, Inggris, Minggu (5/11/2017). Tampak London Eye, ikon London, di seberangnya.
Strategi branding di Kota London bukan yang pertama dilakukan Kementerian Pariwisata. Hal yang sama pernah dilakukan pada 2016, 2017 dengan membungkus Black Cab Taxi dan Double Decker Buses. Dua moda transportasi yang jadi ikon Kota London.

Wonderful Indonesia juga diperlihatkan selama WTM London, setidaknya dua unit lightbox, delapan unit banner, 30 unit sticker floor, dan 15 unit digital screens yang menampilkan berbagai keindahan destinasi seperti Banyuwangi, Bali, Borobudur, Danau Toba, dan Komodo bertebaran di seluruh arena WTM London selama kegiatan berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com