Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2018, 09:41 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com – Sebanyak 4.200 penari turut meramaikan perhelatan Indonesia Menari 2018 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Semarang.

“Peminatnya banyak. Bahkan ada yang datang mendaftar di hari H, tapi kuotanya sudah penuh,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation di Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11/2018).

Seperti di Jakarta, orang yang mendaftar kegiatan ini mencapai 3.000 pendaftar, sedangkan kuota yang tersedia hanya 1.500 orang.

Baca juga: Menyaksikan Kuda Lumping Menari di Sungai Bendung Kayangan

Penyelenggaraan di kota lainnya juga diramaikan oleh beragam kelompok dan individu yang datang dari beragam daerah.

Misal di Bandung, dari 1.200 peserta yang telah mendaftar ulang, ada peserta yang khusus datang dari Bangka Belitung untuk ikut kegiatan ini.

Baca juga: Hadiri Festival Wonderful Indonesia di Atambua, Menpar Menari Likurai

Untuk Solo, 1.200 peserta yang telah mendaftar ulang, datang dari beragam daerah di sekitarnya, seperti Yogyakarta, Kudus, Boyolali, bahkan dari Palembang dan Malang.

Penari berkostum tradisional Indonesia menari dalam perhelatan Indonesia Menari 2018 di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (11/11/2018). Sebanyak 4.200 orang mengikuti perhelatan Indonesia Menari yang berlangsung di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Solo.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Penari berkostum tradisional Indonesia menari dalam perhelatan Indonesia Menari 2018 di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (11/11/2018). Sebanyak 4.200 orang mengikuti perhelatan Indonesia Menari yang berlangsung di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Solo.
Penyelenggaraan perdana Indonesia Menari 2018 di Semarang juga diikuti peserta dari Kalimantan dan Palembang dari antara 300 peserta individu yang telah mendaftar ulang.

“Para peserta terdiri dari perorangan, berbagai komunitas generasi muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Indonesia,” tuturnya.

Pihaknya tidak membatasi usia ataupun jenis kelamin peserta. Seluruh masyarakat bisa berpartisipasi selama bisa mengikuti koreografi yang ditentukan.

Indonesia Menari merupakan sebuah kegiatan yang berangkat dari kekhawatiran derasnya budaya populer luar yang masuk ke Indonesia, dan menyebar dengan cepatnya di masyarakat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+