Bukan Cuma Pahawang, Ini 5 Pulau Cantik di Pesawaran Lampung - Kompas.com

Bukan Cuma Pahawang, Ini 5 Pulau Cantik di Pesawaran Lampung

Kompas.com - 15/11/2018, 07:11 WIB
Pantai berpasir putih dan lembut di Pulau Kelagian Lunik.KOMPAS/M CLARA WRESTI Pantai berpasir putih dan lembut di Pulau Kelagian Lunik.


JAKARTA, KOMPAS - Mencari liburan yang anti-mainstream dan masih berjarak dekat dari Jakarta, coba ke Pesawaran, Lampung. Kabupaten di Lampung bagian Selatan ini punya banyak destinasi wisata.

Paling terkenal adalah wisata bahari yakni Pulau Pahawang. Jika ingin berwisata ke lokasi yang belum banyak wisatawan, ada 5 pulau lain di Pesawaran yang tak kalah indah dari Pahawang. Berikut tiga pulau cocok untuk berwisata bahari di Pesawaran, Lampung.

1. Pulau Legundi

Pulau Legundi memiliki luas 2.500 hektar. Terdapat enam dusun di pulau ini, dengan Desa Pulau Legundi yang terkenal sebagai lokasi wisata. Dari Dermaga Ketapang Pesawaran butuh waktu dua jam perjalanan dengan kapal ke Desa Pulau Legundi.

Di perjalanan naik kapal, jika berutnung penumpang dapat melihat lumba lumba yang berenang berkelompok. Pulau Legundi punya pantai berpasir putih, dengan air laut yang jernih. Aktivitas yang dapat dilakukan tak lain adalah snorkeling.

Wisatawan juga dapat membeli langsung ikan segar dan olahan hasil laut dari penduduk lokal yang mayoritas nelayan.

2. Pulau Tegal Mas

Pulau ini dapat ditempuh 30 berkendara Bandar Lampung, kemudian dilanjutkan 20 menit naik kapal dari Dermaga Pantai Sari Ringgung.

Perairan Pulau Tegal Mas yang tidak terlalu dalam 15-35 meter terbilang cocok bagi penyelam pemula. Snorkeling, kayak, menjajal speed boat atau sekadar bermain di pantai juga dapat dilakukan di pulau ini.

Lanskap Pulau Pahawang dilihat dari Pulau Kelagian Lunik. 
KOMPAS/M CLARA WRESTI Lanskap Pulau Pahawang dilihat dari Pulau Kelagian Lunik.

3. Pulau Mahitam

Dari Dermaga Ketapang Pesawaran, Pulau Mahitam dapat dicapau 30 menit berkendara via kapal. Pulau ini terkenal dengan obyek pasir timbul. Ketika air laut surut, pasir di Pulau Mahitam akan membentuk jalanan yang melengkung.

Selain itu wisatawan juga dapat berjalan di hutan mangrove yang sudah dilengkapi jalur pejalan kaki. Banyak juga wisatawan yang naik ke menara untuk berselfie bersama.

4. Pulau Wayang dan Pagar Jaya

Cocok bagi pecinta selam karena di perairan Teluk Pagar Jaya kaya akan biota laut. Terdapat tebing batu  yang dapat dikembangkan menjadi wisata jump diving.

Bagi penyelam pemula dapat mencoba menyelam di perairan Pulau Wayang. Oleh karena keindahan bawah laut, kedua pulau ini sering disebut "Raja Ampat-nya" Lampung.

Dermaga Ketapang, tempat pemberangkatan menuju sejumlah spot cantik di Pulau Pahawang.KOMPAS/M CLARA WRESTI Dermaga Ketapang, tempat pemberangkatan menuju sejumlah spot cantik di Pulau Pahawang.

5. Pulau Kelagian

Pulau Kelagian terkenal karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Dermaga Ketapang Pesawaran. Hanya 20 menit berkendara dengan kapal dari demaga.

Pulau ini banyak disukai wisatawan keluarga. Perairannya juga dangkal jadi cocok untuk snorkeling


Terkini Lainnya


Close Ads X