Iconsiam, Pusat Belanja dan Hiburan Terbesar di Bangkok Resmi Dibuka

Kompas.com - 18/11/2018, 16:17 WIB
Iconsiam di Bangkok, Thailand. Dok. CNN TravelIconsiam di Bangkok, Thailand.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat belanja dan hiburan Iconsiam, Bangkok, Thailand dibuka untuk umum Sabtu (10/11/2018).

Iconsiam saat ini menjadi pusat belanja dan hiburan terbesar di Bangkok, dengan luas 750.000 meter persegi. Pembangunannya sendiri menghabiskan biaya 1,65 miliar dollar AS.

Iconsiam yang berada di Thonburi memiliki berbagai fasilitas seperti air terjun, taman luar ruang, hotel, kondominium mewah, tempat parkir khusus mobil sport, restoran bintang Michelin, 100 restoran lainnya, dan 7.000 gerai untuk retail lokal dan mewah.

"Iconsiam adalah destinasi bukan mal atau pengembangan gabungan. Ini lahir dari upaya kreatif bersama orang-orang Thailand dari berbagai lapisan masyarakat," kata Direktur Iconsiam Chadatip Chutrakul dilansir dari CNN Travel.

Iconsiam di Bangkok, Thailand. Dok. CNN Travel Iconsiam di Bangkok, Thailand.

Iconsiam yang tidak mau disebut sebagai mal ini memiliki daya tarik lain yakni Sooksiam. Ini adalah ruang dengan luas 16.000 meter persegi yang terletak di lantai dasar. Sooksiam khusus mempromosikan seni, budaya, dan makanan dari 77 provinsi Thailand. Di sini juga terdapat pasar apung kecil.

Selanjutnya River Park, luar ruang dengan luas 10.000 meter persegi yang diklaim akan menjadi fitur multimedia medium air terbesar di Asia Tenggara. Di sini pengunjung dapat melihat karya seni dan arsitektur lebih dari 100 seniman Thailand dan Internasional.

Iconsiam di Bangkok, Thailand.Dok. CNN Travel Iconsiam di Bangkok, Thailand.

Dengan berbagai fasilitas Iconsiam yang memukau, sebenarnya bangunan ini tidak luput dari kontroversi. Banyak yang mengkritik pembangunan Iconsiam karena merasa Bangkok tidak perlu tambahan pusat belanja. Apalagi Iconsiam didominasi retail barang mewah yang tidak dapat dijangkau seluruh golongan masyarakat di Thailand.

Namun demikian pembangunan terus berlangsung. Bioskop IMAX rencananya akan dibuka pada akhir tahun 2018. Pertengahan 2019, sebuah auditorium akan dibuka sebagai lokasi MICE di Bangkok.

Tahun depan juga akan dubuka River Museum Bangkok, khusus untuk menarik para turis mancanegara datang ke Iconsiam.



Sumber CNN Travel
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X