Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Ajak Warga Pensiunan di Denmark Berlibur ke Indonesia

Kompas.com - 19/11/2018, 13:45 WIB
I Made Asdhiana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kopenhagen mengadakan program "Visit Indonesian Embassy" untuk mempromosikan pariwisata Nusantara dan menarik warga pensiunan Denmark untuk berlibur ke Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Kopenhagen, Denmark, yang diterima di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

"Melalui program 'Visit Indonesian Embassy' diharapkan dapat meningkatkan minat para pensiunan Denmark untuk berlibur di Indonesia," kata Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Kopenhagen, Widhiastono.

Baca juga: Tarik 20 Juta Wisman Tahun 2019, Traveloka Kerja Sama dengan Kemenpar

Warga pensiunan Denmark lebih banyak melakukan perjalanan liburan dibandingkan pensiunan dari negara Eropa lainnya.

Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (24/8/2018)KOMPAS.com/IKA FITRIANA Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (24/8/2018)
Berdasarkan data dari Eurostat, 33 persen warga Denmark dengan usia di atas 65 tahun menyukai perjalanan ke luar negeri, sedangkan di negara Eropa lainnya rata-rata hanya delapan persen.

Melihat potensi tersebut, KBRI Kopenhagen secara rutin menerima kunjungan rombongan pensiunan dari Organisasi Pensiunan HK Stats Denmark untuk memperkenalkan daerah-daerah wisata di Indonesia.

Baca juga: Ini Kata Para Dubes Uni Eropa Usai Keliling Kampung Pelangi Semarang

Dengan tingkat kesehatan dan kondisi ekonomi yang sangat baik, menurut Widhiastono, para warga pensiunan Denmark yang menyukai traveling merupakan target wisatawan potensial.

"Berdasarkan penelitian para wisatawan pensiunan menyukai paket wisata yang bertema budaya, sejarah, dan kuliner. Mereka sangat tertarik untuk mengenal budaya dan sejarah bangsa lain, serta ingin melakukan perjalanan dan mencari pengalaman sebanyak mungkin selagi masih dapat melakukannya. Oleh sebab itu, mereka tidak takut untuk melancong ke sebuah tempat tujuan yang baru," ujarnya.

Wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi kawasan Geopark Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Kamis (19/7/2018). Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan devisa 1 miliar dollar AS dan jumlah kunjungan 1.102.500 wisman dari 11 geopark Indonesia hingga tahun 2019.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi kawasan Geopark Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Kamis (19/7/2018). Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan devisa 1 miliar dollar AS dan jumlah kunjungan 1.102.500 wisman dari 11 geopark Indonesia hingga tahun 2019.
Saat mengikuti program "Visit Indonesian Embassy", para pensiunan Denmark dapat menikmati film "Wonderful Indonesia" dan tarian-tarian tradisional serta mencicipi makanan khas Indonesia.

Selain Bali, KBRI Kopenhagen memperkenalkan dan mempromosikan 10 tujuan wisata Indonesia lainnya, yaitu Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com