Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Pembuangan Sampah dari Kapal ke Perairan Banda

Kompas.com - 19/11/2018, 19:07 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar lagi video pembuagan sampah kapal di tengah laut oleh oknum yang diduga petugas kapal di kapal penumpang milik PT Pelni.

Video tersebut diupload oleh akun twitter @wawanmangile, setelah sebelumnya terkonfirmasi oleh yang mengambil video di kapal tersebut.

"Saya upload setelah tekonfirmasi bahwa video ini jelas lokasi kejadian dan nama kapalnya. 19 November saya tweet setelah memperoleh info kejadian lengkapnya," tutur pemilik akun yang bernama Awaludinnoer Ahmad, saat dihubungi KompasTravel, Senin (19/11/2018).

Ia mengatakan video tersebut diambil saat temannya bernama Yusuf naik KM Nggapulu dari Kaimana tujuan Banda. Tepatnya pada saat melewati perairan Banda, pukul 10.30 WIT, pada 16 November 2018.

"Waktu itu saya re-upload dari FB Yusuf, karena yang Yusuf (pengambil video) tidak ada respon. Saya upload biar kejadian ini tidak terulang lagi," tuturnya.

Sampai berita ini dituliskan, video tersebut telah ditonton 1.773 warganet. Menurutnya Awaludinnoer Ahmad, setelah ia unggah video tersebut, banyak warganet yang pernah menyaksikan hal serupa di kapal-kapal PT. Pelni.

Dalam video tersebut, terlihat petugas kapal laut membuang tiga kantong sampah ke laut. Dalam video juga terdengar imbauan petugas kapal kepada penumpang untuk membuang sampah ke tempat yang telah disediakan seperti tong sampah.

Hingga saat ini, KompasTravel telah menghubungi Yusuf selaku yang merekam oknum petugas kapal KM. Nggapulu membuang sampah ke laut. Namun, Yusuf belum membalas pesan KompasTravel.

Sebelumnya KompasTravel pun sempat memberitakan hal yang sama terkait pembuangan sampah oleh oknum petugas PT. Pelni beberapa waktu lalu.

Ia berharap jika benar PT. Pelni selaku pemilik kapal bisa perbaiki sistem manajemen sampah untuk masa mendatang.

Melalui akun Instagram resminya PT. Pelni, @pelni162 mengatakan hal tersebut masih dalam proses investigasi. Pihaknya tidak pernah memperbolehkan sampah dibuang ke laut, karena sudah ada SOP pengelolaan sampah.

"Selamat siang #TemanPelni perihal permasalahan tersebut sedang dalam proses investigasi dan PT Pelni tidak pernah memperbolehkan sampah dibuang ke laut dan sudah ada SOP untuk pengelolaan sampah di atas kapal. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tutur akun Instagram resmi saat menanggapi unggahan Instagram di akun @wahyuuap.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com