10 Kota Paling Murah untuk Hidup sebagai "Digital Nomad"

Kompas.com - 22/11/2018, 19:17 WIB
Kaohsiung, Taiwan. Taiwan Tourism BureauKaohsiung, Taiwan.

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi mengubah pola kerja generasi milenial. Tidak harus ke kantor dan berbusana rapih, ada beberapa profesi yang dapat dikerjakan dari luar ruang. Termasuk di destinasi liburan.

Fenomena para pekerja yang bekerja di destinasi liburan ini kerap disebut ' digital nomad'. Oleh karena tujuan utama adalah bekerja, biasanya digital nomad dapat menghabiskan waktu yang cukup lama di suatu daerah.

Destinasi dengan biaya hidup yang murah tetapi tetap indah dipilih oleh banyak digital nomad. Situs Nomadlist merangkum 10 destinasi dengan biaya hidup yang terjangkau, tentunya dengan pemandangan menakjubkan untuk para digital nomad. Seperti berikut ini:

1. Kaohsiung, Taiwan

Kota dengan banyak taman, kafe, dan pasar malam. Estimasi biaya hidup perbulan 956 dollar AS atau setara Rp 13 juta. Satu kali makan malam di Kaohsiung berkisar Rp 30.000.

2. Lviv, Ukraina

Kota yang masuk daftar UNESCO sebagai kota Eropa Tengah otentik, sama seperti Praha dan Krakow. Biaya hidup satu bulan 837 dollar AS atau setara Rp 12,2 juta.

3. Nha Trang, Vietnam

Kumpulan resor yang menghadap langsung ke lautan. Biaya hidup di kota ini 539 dollar AS atau setara Rp 7,8 juta.

Suasana di Thamel, Kathmandu, NepalKompas.com/Wisnubrata Suasana di Thamel, Kathmandu, Nepal

4. Kathmandu, Nepal

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X