Pergi ke Korea Selatan Kala Musim Salju, Betapa Asyiknya… - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Citi Indonesia

Pergi ke Korea Selatan Kala Musim Salju, Betapa Asyiknya…

Kompas.com - 22/11/2018, 23:00 WIB
Suasana musim salju di Korea Selatan.Shutterstock Suasana musim salju di Korea Selatan.

KOMPAS.com - Tinggal beberapa waktu lagi, libur akhir tahun tiba. Rasanya itulah waktu terbaik untuk melepas penat setelah hampir setahun penuh beraktivitas.

Mumpung masih ada waktu, baiknya rencanakan destinasi liburan akhir tahun Anda sejak sekarang. Dimulai dari menyusun alternatif tempat liburan, anggaran, hingga persiapan barang bawaan.

Nah, tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia membuat Anda jarang merasakan pengalaman musim dingin. Karena itu, menjatuhkan berlibur akhir tahun ke negara empat musim bisa dipertimbangkan.

Salah satu negara yang sedang musim dingin di penghujung tahun, misalnya, Korea Selatan. Letaknya pun masih di kawasan Asia, tak terlalu jauh dari Indonesia.

Walau dingin, banyak kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan saat musim salju di Korea Selatan.

Melansir laman CNN Travel, berikut beberapa hal menarik yang bisa dinikmati ketika liburan akhir tahun di Korea Selatan.

Sledding di Everland

Reality show Korea, The Return of Superman, tentang ayah yang harus mengurus anak-anaknya tanpa ibunya selama 48 jam, kerap menunjukkan tempat-tempat hiburan menarik.

Pada salah satu episode, keluarga atlet sepak bola Lee Dong Gook mengajak anak-anaknya meluncur atau sledding di bukit salju menggunakan ban.

Terlihat kalau ia dan anak-anaknya tertawa seru, menikmati sensasi meluncur dari atas area bukit. Mereka pun melakukannya berulang kali.

Aktivitas ini dapat Anda lakukan pula di sledding hill bernama The Snow Buster, tepatnya di Everland. Taman hiburan Everland menyediakan fasilitas tempat dan juga ban untuk sledding.

Anak-anak pun bisa melakukan aktivitas ini sendiri atau dengan pendamping.

Enaknya, setelah meluncur dan sampai bawah, Anda bisa mendaki lagi dengan tube lift jika mau meluncur kembali. Jadi, Anda tak perlu repot-repot berjalan sambil menenteng ban sledding.

Memancing ikan di atas lapisan es

Ini jadi salah satu kegiatan memancing unik yang tak bisa Anda rasakan di Indonesia. Memancing di atas lapisan es pun terlihat menantang.

Ilustrasi Ice FishingShutterstock Ilustrasi Ice Fishing
Pada Desember mendatang, biasanya akan ada Pyeongchang Trout Festival yang mengadakan acara ice fishing.

Sebelumnya, ketebalan es akan dicek dahulu untuk keamanan. Selama ketebalannnya lebih dari 40 cm, maka dinyatakan aman dari bahaya retak atau cair. Peserta pun dapat memancing di area es yang sudah dilubangi.

Memancing di es pun butuh kesabaran. Kalau Anda berhasil mendapat ikan, Anda bisa membawanya ke restoran terdekat untuk dimasak.

Mengunjungi Nami Island

Drama Korea Winter Sonata cukup familiar bagi pecinta drama Korea. Nah, saat berkunjung ke Korea Selatan, Anda dapat pergi ke Nami Island yang menjadi lokasi syuting drama populer ini.

Ketika musim dingin, dataran Nami Island di Provinsi Gangwon tertutup salju dengan banyaknya pohon-pohon yang berjejer. Anda bisa berjalan dan berfoto-foto menikmati pemandangan indah itu.

Ilustrasi Nami Island saat musim dingin di Korea SelatanShutterstock Ilustrasi Nami Island saat musim dingin di Korea Selatan
Selanjutnya, Anda juga bisa melihat patung legendaris sejoli Bae Yong Joon dan Choi Jin Woo, pemeran utama Winter Sonata.

Makan jajanan musim dingin

Liburan tak akan lengkap kalau tidak menyicipi kuliner-kuliner baru. Musim dingin di Korea Selatan akan ramai dengan jajanan ubi rebus dan kastanye yang hadir di pojokan jalan atau di pintu keluar subway. Cemilan ini sehat, tanpa ada garam atau gula tambahan.

Jajanan jalan lainnya yang juga terkenal adalah hotteok dan tteokbokki, sejenis kue beras pedas. Distrik-distrik di Seoul yang banyak menyajikan makanan ini yaitu Jongno, Jonggak, dan Insadong.

Ilustrasi Tteokbokki, salah satu street food Korea SelatanShutterstock Ilustrasi Tteokbokki, salah satu street food Korea Selatan
Satu hal yang penting diingat ketika berkunjung ke Korea Selatan pada musim dingin adalah menyiapkan mantel tebal, syal, maupun pakaian hangat lainnya.

Usahakan pula menetap dalam jangka waktu yang cukup agar Anda maksimal menikmati berbagai atraksi dan aktivitas liburan akhir tahun di sana.

Tak perlu cemas akan potensi membeludaknya perlengkapan anti-kedinginan selama di Korea Selatan. Manfaatkan layanan ekstra bagasi 20 kg dari Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi.

Dengan begitu, Anda dapat mengemas barang bawaan dengan lebih tenang, tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bagasi.

Adapun bagi Anda yang belum memiliki Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi juga berpeluang mendapatkan bonus 12.500 GarudaMiles dan potongan harga tiket pesawat hingga 50 persen.

Untuk pengajuan klik di sini.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: