Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Bisa Ditemui Saat Pendakian ke Rinjani lewat Aik Berik

Kompas.com - 25/11/2018, 08:01 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hanya ada satu jalur pendakian yang bisa dilalui oleh para wisatawan menuju Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat pascagempa yang terjadi beberapa waktu lalu.

Jalur pendakian tersebut melewati Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah (Loteng). Jalur ini merupakan salah satu dari empat jalur resmi pendakian ke Gunung Rinjani.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono pun menjelaskan menuju jalur Air Berik bisa ditempuh dari Bandara Internasional Lombok sekitar satu jam perjalanan.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Rinjani dari Lombok Tengah Resmi Dibuka

Sudiyono mengatakan bahwa sebelum terjadi gempa, jalur yang paling disukai wisatawan adalah jalur pendakian Sembalun di Kabupaten Lombok Timur. Namun saat ini hanya jalur Aik Berik yang bisa dilalui.

“Dulunya jalur favorit itu lewat Sembalun, tapi jalurnya masih terputus dan hanya bisa melalui jalur Aik Berik. Meski jalurnya tidak langsung melewati savana tetapi para pendaki bisa melewati hutan alam yang masih bagus,” kata Sudiyono saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (24/11/2018).

Baca juga: Jokowi Ajak Wisatawan dan Pencinta Alam Mendaki Gunung Rinjani

Di hutan tersebut, menurut Sudiyono, masih terdapat berbagai satwa, salah satunya burung. Kemudian juga di sepanjang jalur, setiap satu jam perjalanan, para pendaki dapat menemukan sumber air.

“Di sana ada air terjun juga, tapi terutama di musim tertentu seperti musim penghujan. Ada air terjun Dewi Anjani dan Air Terjun Umar Maya,” katanya.

Setelah itu, para pendaki juga dapat melalui savana dan padang edelweiss ketika sedang musimnya.

Pemandian air panas di Gunung RinjaniDokumentasi TNGR/ KOMPAS.com Pemandian air panas di Gunung Rinjani
Bahkan bila beruntung, Sudiyono mengatakan bisa melihat rusa yang sedang memperebutkan permaisuri alias musim kawin rusa bila melalui jalur Aik Berik.

Akan tetapi, pendakian melalui jalur ini tidak dapat sampai di Danau Segara Anak. Sudiyono menekankan tidak dianjurkan untuk ke sana karena masih ada retakan di pinggir danau. Meski demikian, pendaki masih bisa berfoto dengan latar belakang Segara Anak.

Adapun jalur pendakian Aik Berik telah resmi dibuka sejak Senin (19/11/2018). Sementara tiga jalur pendakian Gunung Rinjani lainnya masih ditutup. Diantaranya yaitu jalur pendakian Timbanuh, Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, dan jalur pendakian di Senaru, Kabupaten Lombok Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com