Kompas.com - 26/11/2018, 10:48 WIB

BELITUNG, KOMPAS.com - Selama ini, liburan ke Belitung identik dengan “Laskar Pelangi” atau Kampung Ahok. Ternyata, berlayar naik perahu mengunjungi pulau-pulau di sekitar Belitung tak kalah seru dan keren. Apalagi bisa berfoto di sela-sela batu raksasa yang berdiri menjulang, gagah. Pemandangannya, instagramable-laaah...

Buat wisatawan yang tertarik untuk island hopping, hal pertama yang harus dilakukan adalah datang ke Pantai Kelayang. Pantai Kelayang ini terletak di Kecamatan Sijuk, 27 Km dari Tanjung Pandan, Ibu Kota Belitung. Kalau dari Bandara Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin, tidak sampai sejam berkendara mobil.

Di pantai ini, banyak perahu yang disewakan. Tinggal cari atau bertanya pada orang sekitar, nanti ditunjukkan para pemilik perahu-perahu tersebut.

Baca juga: Festival Tanjung Kelayang Digelar di Belitung

Kalau pengalaman saya yang November 2018 ini ke sana, saya sudah mendapatkan nomor kontak seorang pemilik perahu. Namanya Pak Ukat. Dia menyewakan perahunya Rp 500.000. Rata-rata memang segitu, sih, harga sewanya. Kalau merayu sedikit, mungkin bisa dapat Rp 450.000.

Berapa pun jumlah orangnya, harga satu perahu ya segitu itu. Bisa dipakai seharian dari pagi (biasanya pukul 09.00) hingga pukul 17.00. Jadi kalau mau lebih murah, enaknya jalan ramai-ramai sehingga harga “bantingannya” semakin sedikit.

Perahu untuk island hopping Belitung.KOMPAS.COM/ANA SHOFIANA SYATIRI Perahu untuk island hopping Belitung.
Oh iya, Rp 500.000 itu hanya harga sewa perahunya saja ya. Untuk jaket pelampung, harga sewanya Rp 20.000. Begitu juga dengan snorkle dan kaki katak (fin), disewakan dengan harga terpisah. Jadi, kalau bawa snorkle pribadi, ya lumayan menghemat sih, walau sedikiiiit, he-he-he…

Baca juga: Menpar Sarankan Belitung Kembangkan Wisata Olahraga

Saat di perahu, biasanya, kita akan ditemani oleh dua orang anak buah pemilik perahu. Satu orang yang menjadi nahkoda (mengendalikan kemudi perahu), seorang lagi akan mendampingi kita keliling. Bahkan bisa diminta tolong untuk mengambilkan foto. Sangat membantu kenarsisan kita, kan?

Pulau Lengkuas

Mercusuar di Pulau Lengkuas BelitungKOMPASCOM/ANA SHOFIANA SYATIRI Mercusuar di Pulau Lengkuas Belitung
Pulau pertama yang dituju oleh perahu sederhana ini adalah Pulau Lengkuas. Lama perjalanan tidak lebih dari 15 menit. Daya tarik pulau ini adalah adanya mercusuar yang dibangun Belanda sejak 1882. Mercusuar ini masih berfungsi. Bahkan, kita bisa naik ke atas mercusuar berketinggian 70 meter ini.

Pemandangan dari atas pastinya bagus ya, tetapi betis saya lagi kurang bersahabat. Jadi, saya hanya keliling-keliling pulau ini saja. Hanya sekitar 20 menit, kita sudah mengeliling pulau tersebut.

Sepanjang penglihatan saya, turis yang datang banyak yang berfoto dengan latar belakang mercusuar. Ada yang lucu-lucuan mengambil foto seperti lagi bersandar di mercusuar, atau ada juga yang lompat ramai dengan teman seperjalanan.

Baca juga: Pulau Kelayang Belitung, Keindahan Tersembunyi di Balik Batu...

Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.