Musim Hujan Cocoknya Nyeruput Kuah Bakso dan Soto, Ini Rekomendasinya di Jakarta

Kompas.com - 26/11/2018, 15:14 WIB
Menu makanan yang dijajakan di outlet Bakso Boedjangan di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Selasa (7/8/2018). Bakso Boedjangan merupakan satu dari sejumlah brand milik Cita Rasa Prima (CRP) Group yang berbasis di Bandung, Jawa Barat. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenu makanan yang dijajakan di outlet Bakso Boedjangan di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Selasa (7/8/2018). Bakso Boedjangan merupakan satu dari sejumlah brand milik Cita Rasa Prima (CRP) Group yang berbasis di Bandung, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah di depan mata. Tentunya akan sangat menjengkelkan bila kehujanan dan seluruh tubuh basah kuyup. Eits, nanti dulu.

Musim hujan akan menyenangkan bila dihadapi dengan wisata kuliner. Sudah pasti, kulinernya yang hangat dan berkuah. Yuk, diseruput dulu kuahnya.

Nah, berikut KompasTravel himpun kuliner soto dan bakso di Jakarta yang bisa jadi rekomendasi wisata kuliner saat musim hujan.

1. Sroto Sokaraja Eling-Eling

Sroto sokaraja yang aromanya saja sudah bikin orang bergairah menyantap.KOMPAS/FRANS SARTONO Sroto sokaraja yang aromanya saja sudah bikin orang bergairah menyantap.
Nah, Anda bisa menikmati sroto sokaraja di Jakarta, yaitu Sroto Eling-eling. Lokasinya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jalan Abdullah Syafei dan Jalan Tebet Utara I.

Anda bisa mencicipi sroto komplet yang berisi ati, ampela, ayam, dan daging. Anda juga bisa mencicipi sroto istimewa isinya ati, ampela, dan ayam. sroto campur isinya dagin dan ayam.

Sroto selain isian di atas, akan dicampur dengan kerupuk kanji bewarna merah, ditambah tauge dan dipadukan dengan sambal kacang. Rasanya sendiri gurih dan segar.

Kedai ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Harga sroto tersebut dipatok mulai dari Rp 25.000. Tertarik?

2. Soto Betawi Afung

Soto Betawi Afung di Gang Gloria, Glodok, Pancoran, Jakarta Barat, berisi daging sapi, tomat, dan kentang. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Soto Betawi Afung di Gang Gloria, Glodok, Pancoran, Jakarta Barat, berisi daging sapi, tomat, dan kentang.
Soto betawi bisa jadi pilihan saat hujan. Salah satu soto betawi yang tersohor di Jakarta adalah Soto Betawi Afung letaknya di Gang Gloria di kawasan Pancoran Glodok, Jakarta Barat.

Dibanding soto lain di Indonesia, kuah soto betawi memiliki rasa yang lebih berat, jauh dari kata ringan seperti soto kudus atau ambengan.

Di Soto Betawi Afung, Anda dapat memilih menu soto betawi dengan isian daging, campur, babat, paru, kikil, urat, atau daging ayam.

Harga seporsi Soto Betawi Afung adalah Rp 35.000 untuk semua isian soto. Untuk seporsi soto dan nasi dibanderol harga Rp 42.000.

Soto Betawi Afung buka tiap hari dari pukul 6 pagi sampai 4 sore. Nah, bagaimana?

3. Bakso Beranak Pak Gayeng

Gerobak Bakso Pak Gayeng berada di samping jejeran kuliner streetfood lainnya, tepatnya di Jalan Tulang Bawang 4 Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (14/7/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Gerobak Bakso Pak Gayeng berada di samping jejeran kuliner streetfood lainnya, tepatnya di Jalan Tulang Bawang 4 Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (14/7/2017).
Bakso Beranak Pak Gayeng, Jakarta Dijual dengan sederhana, yakni gerobak di sisi taman, di Jalan Tulang Bawang 4 Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Pak Gayeng mengubah persepsi akan makanan pinggir jalan.

Ia menyediakan ragam bakso seperti bakso urat cabai, bakso keju, bakso telur, dan tentunya bakso beranak. Bakso Beranak Pak Gayeng memiliki isian yang komplit mulai dari bakso telur puyuh, bakso keju, dan bakso cabai rawit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X