Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umbul Ponggok, Wisata Air Instagramable di Klaten Jateng

Kompas.com - 28/11/2018, 21:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Siapa di antara Anda yang sangat menyukai wisata instagramable?

Salah satu wisata air nan instagramable ini baru saja dipromosikan Presiden Joko Widodo kemarin dalam unggahan foto di media sosial Instagram miliknya.

Obyek wisata tersebut adalah Umbul Ponggok, tepatnya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok merupakan salah satu unit usaha wisata dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Mandiri Desa Ponggok.

Unggahan di akun Instagram Joko Widodo tentang Umbul Ponggok.Instagram/@jokowi Unggahan di akun Instagram Joko Widodo tentang Umbul Ponggok.

Di sana terdapat sebuah kolam yang berisi air jernih langsung dari mata air. Di dasar kolam tersebut terdapat pasir, karang, beberapa benda, hingga ragam ikan.

Kemudian Anda akan menemukan beberapa pohon gayam yang cukup penting untuk kuantitas air di sana.

Tak hanya memandangi kolam yang berisi air, para pengunjung diperkenankan untuk masuk ke kolam dan bermain air.

Beragam aktivitas bisa dilakukan wisatan di Umbul Ponggok seperti foto atau video underwater, snorkeling, diving dan walker.

Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Selagi pengunjung melakukan aktivitas snorkeling bisa melihat berbagai jenis ikan yang berlalu lalang. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis karena airnya mengalir terus-menerus.

Lalu ada pula beberapa spot yang memang bisa digunakan para pengunjung mendapatkan foto instagramable di dalam air.

Anda pun bisa menemukan berbagai benda aneh yang ada dalam kolam tersebut, seperti motor dari matic hingga klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop. Barang itulah yang bisa disewa saat sesi pemotretan di dalam air.

Wisatawan berfoto dengan sepeda motor yang sengaja diparkir sebagai tambahan obyek foto di dasar obyek wisata Umbul Ponggok di Desa Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan berfoto dengan sepeda motor yang sengaja diparkir sebagai tambahan obyek foto di dasar obyek wisata Umbul Ponggok di Desa Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2016).

Kemudian, salah satu foto yang menjadi favorit ialah tempat duduk ala taman, dengan dekorasi bunga-bunga berbentuk hati, sangat cocok untuk pasangan.

Bila Anda tak membawa atau tidak memiliki kamera underwater, tak perlu khawatir.

Karena di sana tersedia jasa penyewaan kamera underwater termasuk dengan operator kamera tersebut.

Lalu juga tersedia paket diving, paket power dive atau walker, hingga sewa alat dan properti untuk foto. Pengunjung bisa langsung menghubungi pengelola yang ada di dalam lokasi Umbul Ponggok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com