5 Tips Berfoto "Underwater" Instagramable di Umbul Ponggok Klaten - Kompas.com

5 Tips Berfoto "Underwater" Instagramable di Umbul Ponggok Klaten

Kompas.com - 28/11/2018, 22:05 WIB
Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com – Umbul Ponggok merupakan salah satu obyek wisata air yang berada di di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke sana tak hanya ingin bermain air atau menyelam, tetapi juga berfoto- foto di dalam kolam untuk mendapatkan hasil foto yang instagramable.

Nah, sebelum Anda menyelam dan berfoto, ada beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini.

1. Perhatikan Waktu Berkunjung

Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok buka setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Nah, bila ingin mendapatkan foto dengan latar dan pencahayaan yang bagus maka bisa datang di pagi atau sore hari.

Disarankan untuk di akhir pekan, pengunjung bisa datang pada saat obyek wisata ini baru dibuka.

Selain pencahayaan, hasil foto Anda akan lebih bagus karena belum banyak pengunjung lainnya yang datang. Alhasil foto Anda pun bebas dari bayangan pengunjung lainnya.

2. Tidak Menggunakan Pelampung saat Berfoto

Jika Anda ingin menghasilkan foto dengan latar yang bagus, pencahayaan yang baik, maka datanglah di waktu pagi atau sore hari ke Umbul Ponggok.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Jika Anda ingin menghasilkan foto dengan latar yang bagus, pencahayaan yang baik, maka datanglah di waktu pagi atau sore hari ke Umbul Ponggok.
Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, sebaiknya lepaskan pelampung dan snorkeling Anda.

Memang penggunaan pelampung ini diwajibkan saat Anda berada di kolam tersebut. Akan tetapi boleh dilepaskan ketika Anda ingin berfoto di dasar kolam.

Melepas pelampung harus dilakukan oleh keduanya, baik yang di foto atau yang mengambil foto tersebut.

Alasannya, walaupun tidak bergaya, fotografer harus masuk guna mengambil angle yang tepat.

3. Cari Spot yang Bagus

Unggahan di akun Instagram Joko Widodo tentang Umbul Ponggok.Instagram/@jokowi Unggahan di akun Instagram Joko Widodo tentang Umbul Ponggok.
Di Umbul Ponggok terdapat beberapa spot foto menarik. Nah, Anda bisa memilih tempat atau pun aksesoris mana yang dijadikan lokasi foto.

Carilah spot yang instagramable, misalnya saja berfoto dengan benda kuno atau pun lokasi yang dipenuhi dengan berbagai macam ikan.

4. Bergaya Seperti Berfoto di Daratan

Wisatawan berfoto dengan sepeda motor yang sengaja diparkir sebagai tambahan obyek foto di dasar obyek wisata Umbul Ponggok di Desa Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan berfoto dengan sepeda motor yang sengaja diparkir sebagai tambahan obyek foto di dasar obyek wisata Umbul Ponggok di Desa Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2016).
Agar tetap bertahan di dalam air, Anda bisa dapat bantuan dengan berpegangan pada alat atau properti foto yang terikat di dasar air.

Sebaiknya kala di foto bayangkan Anda tidak berada di dalam air, agar gaya Anda lebih natural.

Misal tetap tersenyum tidak seperti sedang menyimpan udara di mulut. Duduk semestinya seperti Anda sedang mengendarai motor, atau properti yang lainnya.

5. Gunakan Mode Burst atau Sekali Banyak pada Kamera

Berbeda dengan berfoto di darat, berfoto di dalam air tanpa alat, tentu membuat Anda harus menahan nafas.

Nah agar tidak membuang banyak waktu, sebaiknya Anda menggunakan mode kamera burst atau foto sekali banyak dalam satu kali menyelam.

Hal tersebut dilakukan agar dapat menghasilkan banyak gambar ketika beranjak ke permukaan. Untuk selanjutnya tinggal diseleksi foto mana yang terbaik.



Close Ads X