Cara Murah dan Cepat Menuju Tiga Gili di Lombok dari Bali - Kompas.com

Cara Murah dan Cepat Menuju Tiga Gili di Lombok dari Bali

Kompas.com - 29/11/2018, 09:21 WIB
Kapal cepat NS Boat, berangkat dari Pelabuhan Sesetan Bali menuju Gili Trawangan dan Gili Air.Kompas.com/Silvita Agmasari Kapal cepat NS Boat, berangkat dari Pelabuhan Sesetan Bali menuju Gili Trawangan dan Gili Air.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pascagempa Juli 2018, tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno berusaha untuk bangkit, tertutama dari segi pariwisata.

Seluruh infrastruktur dan transportasi di tiga pulau ini telah beroperasi dengan normal. Namun jumlah kunjungan wisatawan masih belum pulih seperti sebelum gempa.

Untuk mendukung pariwisata setempat, tidak ada salahnya berkunjung ke tiga Gili. Apalagi jaraknya terbilang dekat dari Bali dan mudah dicapai dengan ragam pilihan transportasi.

Baca juga: Perbedaan Berwisata di 3 Gili Lombok sebelum dan sesudah Gempa

Sebelumnya harus diketahui ada tiga jalur keluar dari Bali menuju tiga Gili, yakni lewat Pelabuhan Padangbai, Pelabuhan Sesetan, dan Pelabuhan Benoa. Hal yang membedakan adalah lokasi pelabuhan. Berikut KompasTravel rangkum cara menuju tiga Gili dari Bali.

1. Pelabuhan Sesetan, Denpasar

Pelabuhan ini terbilang dekat dari Bandara Ngurah Rai Bali, jaraknya sekitar 20-30 menit berkendara. Di Pelabuhan ini salah satu operator kapal yang beroperasional setiap hari ada NS Boat. Tujuannya ke Gili Trawangan dan Gili Air.

Harga tiket per orang Rp 550.000. Kapal yang digunakan adalah kapal cepat dengan enam mesin dengan layanan eksekutif yakni kabin kapal ber-AC.

2. Pelabuhan Padangbai, Karangasem

Pelabuhan Padangbai terletak di Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Bandara Ngurah Rai. Operator kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Padangbai ke Gili terbilang banyak. Sehingga ada banyak alternatif pilihan untuk waktu keberangkatan dan harga tiket.

Harga tiket mulai Rp 300.000an - Rp 500.000an untuk kapal cepat dari Pelabuhan Padangbai menuju Gili Trawangan.  Lama perjalanan dari Pelabuhan Padangbai ke Gili Trawangan sekitar 1,5 jam.

Wisatawan mancanegara tiba dengan kapal cepat di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa (3/10/2017). Status Gunung Agung yang mengalami peningkatan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) tak berdampak signifikan terhadap kunjungan sejumlah destinasi wisata di Bali yang tetap ramai pengunjung.AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA Wisatawan mancanegara tiba dengan kapal cepat di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa (3/10/2017). Status Gunung Agung yang mengalami peningkatan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) tak berdampak signifikan terhadap kunjungan sejumlah destinasi wisata di Bali yang tetap ramai pengunjung.

3. Pelabuhan Benoa, Denpasar

Terletak di Bali bagian Selatan. Operator kapal di Pelabuhan Benoa banyak menawarkan jasa tiket kapal sekaligus penjemputan di titik jemput Bali. seperti di Kuta, Sanur, atau Jimbaran.

Harga tiket kapal cepat sekitar Rp 600.000an. Sebelum menuju Gili, kapal dari Pelabuhan Benoa biasanya akan berhenti dahulu menjemput penumpang di Pelabuhan Padangbai.

4. Rute Backpacker

Jika merasa harga tiket kapal dari tiga pelabuhan di atas masih tergolong mahal, ada cara untuk mengirit ongkos. Yakni dengan menumpang kapal feri dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Waktu yang ditempuh sekitar 4 jam, tetapi harga tiket berkisar Rp 50.000 per orang.

Dari Lombok menuju ke Gili harus melalui Pelabuhan Bangsal. Pilih kapal lambat, dengan harga tiket kurang dari Rp 20.000 dan perjalanan kapal memakan waktu sekitar 30 menit.

Perlu diketahui harga tiket dan jarak tempuh dapat berubah sewaktu-waktu, mengingat ombak dan musim liburan. Cek langsung ke operator kapal pilihan, setelah menentukan pelabuhan keberangkatan dari Bali menuju tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara. 



Close Ads X