Tak Hanya Durian, Buah Kelapa juga Dilarang dalam Penerbangan

Kompas.com - 30/11/2018, 17:17 WIB
ilustrasi buah kelapa KOMPAS.COM/MASRIADIilustrasi buah kelapa

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan durian saja yang dilarang dalam penerbangan, melainkan kelapa juga. Daftar barang berbahaya dari International Air Transport Association memuat buah kelapa sebagai benda berbahaya yang tidak boleh diangkut dalam penerbangan.

"Daging kelapa memiliki kandungan minyak yang tinggi. Dianggap sangat mudah terbakar. Ini dilarang, baik sebagai bawaan tangan (di kabin) atau di bagasi terdaftar," dilansir dari situs Traveller.

Disebutkan bahwa yang paling berbahaya sebenarnya daging kelapa kering atau kopra. Namun peraturan ini akhirnya diberlakukan untuk semua bagian kelapa, kecuali buah kelapa yang sudah diproses pabrik.

Hanya di India, negara yang membebaskan larangan membawa buah kelapa di penerbangan. Lantaran buah kelapa menjadi bahan makanan utama dan buah untuk persembahyangan.

Namun dengan syarat hanya berlaku untuk penerbangan domestik, dimasukkan bagasi, atau harus dibelah dua sebelum dibawa ke kabin pesawat.

Sampai saat ini belum ada kejadian buah kelapa atau kopra menjadi penyebab kebakaran di pesawat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X