Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Durian, Buah Kelapa juga Dilarang dalam Penerbangan

Kompas.com - 30/11/2018, 17:17 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan durian saja yang dilarang dalam penerbangan, melainkan kelapa juga. Daftar barang berbahaya dari International Air Transport Association memuat buah kelapa sebagai benda berbahaya yang tidak boleh diangkut dalam penerbangan.

"Daging kelapa memiliki kandungan minyak yang tinggi. Dianggap sangat mudah terbakar. Ini dilarang, baik sebagai bawaan tangan (di kabin) atau di bagasi terdaftar," dilansir dari situs Traveller.

Disebutkan bahwa yang paling berbahaya sebenarnya daging kelapa kering atau kopra. Namun peraturan ini akhirnya diberlakukan untuk semua bagian kelapa, kecuali buah kelapa yang sudah diproses pabrik.

Hanya di India, negara yang membebaskan larangan membawa buah kelapa di penerbangan. Lantaran buah kelapa menjadi bahan makanan utama dan buah untuk persembahyangan.

Namun dengan syarat hanya berlaku untuk penerbangan domestik, dimasukkan bagasi, atau harus dibelah dua sebelum dibawa ke kabin pesawat.

Sampai saat ini belum ada kejadian buah kelapa atau kopra menjadi penyebab kebakaran di pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com