6 Wisata Andalan di Joglosemarkerto, Cocok Untuk Liburan - Kompas.com

6 Wisata Andalan di Joglosemarkerto, Cocok Untuk Liburan

Kompas.com - 01/12/2018, 08:06 WIB
Bangunan Gereja GPIB Immanuel atau lebih populer disebut Gereja Blenduk difoto dari udara, di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (29/6/2014). Gereja yang berada di kawasan kota tua Semarang ini dibangun tahun 1753.Kristianto Purnomo-Fikria Hidayat Bangunan Gereja GPIB Immanuel atau lebih populer disebut Gereja Blenduk difoto dari udara, di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (29/6/2014). Gereja yang berada di kawasan kota tua Semarang ini dibangun tahun 1753.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI baru saja meluncurkan kereta api rute baru bernama Joglosemarkerto yang menghubungkan jalur Semarang, Solo, Yogyakarta, Kroya, Purwokerto, dan Tegal.

Rute ini resmi diluncurkan Sabtu (1/12/2018). Dengan adanya KA Joglosemarkerto, berwisata di Jawa Tengah semakin mudah dengan alternatif transportasi beragam. Berikut adalah wisata andalan di setiap kota yang dilalui Joglosemarkerto:

1. Semarang

Kota Tua di Semarang menjadi wisata unggulan, karena di sini ada banyak gedung-gedung tua bersejarah. Apalagi kini pemda Semarang sedang gencar memperbaiki daerah Kota Tua Semarang.

Dengan tujuan pada 2020, Kota Lama Semarang akan diusulkan jadi salah satu kota pusaka warisan dunia ke UNESCO. Desember 2018 ini, diperkirakan perbaikan di wilayah Kota Tua Semarang akan rampung.

2. Solo

Pembeli nasi liwet terlihat di Warung Nasi Liwet Mbok Mami Mbak Kus di Jalan Dr Rajiman, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pembeli nasi liwet terlihat di Warung Nasi Liwet Mbok Mami Mbak Kus di Jalan Dr Rajiman, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.
Wisata kuliner jadi aktivitas paling wajib dilakukan di Solo. Selain harga makanan yang bersahabat, jajanan khas Solo terkenal bersih dan lezat. Ada pecel ndeso, sate buntel, mie toprak, bestik dan selat, nasi liwet, tengkleng, HIK atau angkringan, dan masih banyak lagi. Setiap sudut Solo dapat ditemui penjual makanan dengan rasa jempolan.

3. Yogyakarta

Para pelancong menggunakan mobil jeep menelusuri lereng-lereng Gunung Api Merapi, Yogyakarta menyaksikan bekas dampak erupsi hebat yang terjadi pada 2010.KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Para pelancong menggunakan mobil jeep menelusuri lereng-lereng Gunung Api Merapi, Yogyakarta menyaksikan bekas dampak erupsi hebat yang terjadi pada 2010.

Sebagai kota budaya, pelajar, dan wisata Yogyakarta punya paket wisata yang komplit. Untuk merasakan Yogyakarta yang berbeda cobalah berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang.

Disana ada wisata naik mobil 4WD di lereng Gunung Merapi, Air Terjun Tlogo Muncar, Museum Ullen Sentalu, dan Museum Gunung Merapi. Tidak ada salahnya menginap di penginapan daerah Kaliurang Yogyakarta yang terkenal punya iklim sejuk.

4. Kroya

Pantai Teluk Penyu CilacapKontributor Semarang, Nazar Nurdin Pantai Teluk Penyu Cilacap
Kroya mungkin belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Kota di Kabupaten Cilacap ini sebenarnya punya wisata menarik yang anti mainstream, karena belum banyak wisatawan. Contohnya Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendhem, dan Curug Mandala.

5. Purwokerto

Pengunjung berswafoto di dek cinta yang berada di obyek wisata Curug Jenggala, Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (3/2/2017). Sejak dibuka pada Oktober 2016, obyek wisata yang berjarak 17 kilometer dari Purwokerto itu dikunjungi sekitar 10.000-13.000 orang per bulan.KOMPAS/MEGANDIKA WICAKSONO Pengunjung berswafoto di dek cinta yang berada di obyek wisata Curug Jenggala, Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (3/2/2017). Sejak dibuka pada Oktober 2016, obyek wisata yang berjarak 17 kilometer dari Purwokerto itu dikunjungi sekitar 10.000-13.000 orang per bulan.
Wisata andalan di Purwokerto adalah Baturaden yang berada di Lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu. Hawa sejuk, dengan air terjun, pemandian air panas, dan aneka wahana yang dikelola untuk keluarga terdapat di sini. Di Baturaden wisatawan juga dapat berkemah di Bumi Perkemahan Baturaden.

6. Tegal

Kawasan wisata pemandian air panas di Guci, Tegal, Jawa Tengah.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Kawasan wisata pemandian air panas di Guci, Tegal, Jawa Tengah.
Wisata lokal yang ramai dikunjungi adalah Taman Wisata Sumber Air Guci Tegal. Ada banyak pemandian air panas di daerah gunung. Dari Tegal, bisa ditempuh dengan berkendara selama 1,5 jam. Jika Tegal terkenal sebagai  Kkota Baharid engan iklim yang hangat dan deretan pantai, Taman Wisata Sumber Air Guci bisa menjadi pilihan untuk yang suka iklim sejuk.  



Close Ads X