Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snorkeling di Manjarite TN Komodo, Spot yang Sepi Wisatawan

Kompas.com - 01/12/2018, 16:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com – Manjarite jadi salah satu spot favorit untuk wisatawan yang berlayar di kawasan Manggarai Barat, khususnya Taman Nasional (TN) Komodo. Pasalnya lokasi ini merupakan salah satu tempat snorkeling ciamik di kawasan ini.

Majarite sebenarnya merupakan nama sebuah pulau tak berpenghuni. Pulau tersebut memiliki tepi laut yang amat jernih, minim arus, hanya sedikit gelombang.

Namanya memang belum terkenal bila dibandingkan Pink Beach, Batu Bolong, Karang Makassar, atau Germany Flag yang juga terdapat di TN Komodo, karena Manjarite lebih ramah untuk snorkeling pemula, dibanding yang lain.

“Manjarite khusus snorkeling, jarang ada orang diving di sana. Kalau batu bolong, Karang Makassar itu bayak wisatawan diving, buat profesional,” tutur Josemarino, pemandu wisata saat KompasTavel berkunjung ke sana, Rabu (14/11/2018).

Salah satu karang unik, yang ditemukan di perairan sekitar Pulau Manjerite, TN Komodo, NTT saat snorkeling, Rabu (14/11/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu karang unik, yang ditemukan di perairan sekitar Pulau Manjerite, TN Komodo, NTT saat snorkeling, Rabu (14/11/2018).
Pria yang akrab disapa Jose ini menuturkan jika hampir setiap wisatawan yang pertama kali wisata berlayar dari Labuan Bajo akan singgah di Manjarite untuk snorkeling.

Meski lazimnya digunakan untuk snorkeling, Manjarite disebut-sebut tidak kalah dari beberapa tempat diving favorit di TN Komodo itu. Dengan kedalaman rata-rata lima-delapan meter, wisatawan sudah bisa melihat beragam karang warna-warni, juga ikan-ikan hias yang berkerumun.

KompasTravel berkesempatan untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya, saat itu bertepatan dengan survey acara Take Me Anywhere Kompas.com bersama Pegi-Pegi.

Dari pantauan KompasTravel ber-snorkeling hampir 30 menit, Manjarite cukup memanjakan mata bagi yang pertama kali berkunjung ke TN Komodo. Anda bisa melihat cukup banyak jenis karang, dengan bentuk yang beragam.

Patut diakui salah satu daya tarik bawah laut TN Komodo memang jenis-jenis karangnya yang kaya, salah satunya bisa Anda nikmati di Manjarite.

Sedangkan untuk keindahan ikannya pun patut diacungi jempol. Anda bisa menemukan banyak ikan dori, ikan badut, berbagai keluarga ikan baronang, angel fish, hingga barakuda.

Sesekali Anda bisa mencoba freedive ke dasar lautnya yang tidak terlalu dalam, untuk bermain bersama ikan-ikan yang keluar masuk karang seolah memanggil wisatawan untuk bermain.

Ruang jelajah yang bisa Anda explorasi pun luas. Saking asyiknya KompasTravel menjelajah, tidak terasa sudah berada jauh dari kapal. Untungnya spot ini berbentuk teluk, dan relatif aman dari arus.

KompasTravel sempat membandingkan dengan spot snorkeling lainnya, yaitu di sekitar Long Beach. Pantai yang kemerahan ini juga punya titik senorkeling yang disukai wisatawan.

Namun dari hasil pengamatan KompasTravel, ragam karang di kawasan Manjarite lebih beragam, dan lebih berwarna. Sejalan dengan karang, ragam ikan pun lebih banyak ditemukan di Manjarite, walaupun KompasTravel sempat bersama pemandu sempat menjumpai baby shark yang menggemaskan di dasar karang sekitar Long Beach.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com