Kemenpar: Rendang Masih Populer di Dunia - Kompas.com

Kemenpar: Rendang Masih Populer di Dunia

Kompas.com - 03/12/2018, 12:03 WIB
Rendang, makanan favorit di Restoran Padang.
 KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Rendang, makanan favorit di Restoran Padang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenpar menegaskan bahwa makanan khas Sumatera Barat, rendang masih menjadi makanan terpopuler di dunia.

" Rendang ini sudah masuk disurvei CNN, media yang termasuk populer di dunia, "the most delicious food in the world and planet"," ujar Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Vita Datau di Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Vita menjelaskan ada sekitar 100 restoran yang merupakan mitra resmi Wonderful Indonesia yang merupakan pejuang kuliner lokal.

Para pebisinis kuliner di mancanegara tersebut diundang oleh Kementerian Pariwisata serta Kementerian Luar Negeri untuk mendapatkan penghargaan atas usahanya dalam mempromosikan makanan khas Indonesia.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno berharap makanan dan pariwisata menjadi perhatian bagi Kementerian Pariwisata sebagai suatu cara untuk mengajak wisatawan melalui pesona makanan.

"Kait-mengait semuanya, sehingga tepat betul kita mem-branding semua makanan Indonesia nasional agar mudah dimantapkan lagi (di dunia)," kata Irwan.

Festival Nusantara Marandang yang digelar Minggu (2/1/2/2018), menghadirkan para peserta dari 34 provinsi di Indonesia yang berlomba-lomba untuk memasak rendang terenak untuk mendapatkan hadiah.

Hal positif yang dapat diambil, menurut Irwan, bukan hanya orang Minang yang pandai memasak rendang, namun orang luar Sumbar juga. "Ini Insya Allah memberikan kebaikan karena randang sehat dan juga lezat," katanya. 



Close Ads X