Garuda Kembali Layani Penerbangan Jakarta-London - Kompas.com

Garuda Kembali Layani Penerbangan Jakarta-London

Kompas.com - 03/12/2018, 14:05 WIB
Foto tari Gandrung di salah satu kendaraan di London.Humas Pemkab Banyuwangi Foto tari Gandrung di salah satu kendaraan di London.

LONDON, KOMPAS.com - Maskapai nasional Garuda Indonesia kembali mengoperasikan rute penerbangan langsung Jakarta- London pulang pergi mulai 13 Desember 2018 setelah sempat satu bulan terhenti.

Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan dalam siaran pers, Minggu (2/12/2018) malam, menyebutkan rute penerbangan langsung Jakarta-London dilayani armada Boeing 777-300 ER dual class yang terdiri dari kelas penerbangan ekonomi dan bisnis.

Penerbangan langsung Jakarta-London pp dioperasikan tiga kali seminggu setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, pembukaan kembali rute penerbangan langsung Jakarta-London pp tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan dalam memperkuat jaringan penerbangan internasional.

Baca juga: Banyuwangi Kembali Dipromosikan ke London

Garuda secara khusus menyediakan akses konektivitas langsung dari Jakarta ke Bandara Internasional London Heathrow (LHR) melalui layanan konfigurasi armada dual class yang terdiri dari kelas ekonomi dan bisnis.

Selaras dengan komitmen strategis bisnis terbarukan dijalankan perusahaan bertajuk "Quick Wins Garuda Indonesia", dibukanya kembali rute penerbangan Jakarta-London pp ini tentunya menjadi capaian tersendiri bagi Garuda Indonesia sejalan dengan komitmen peningkatan kinerja melalui pembenahan "cost structure".

Baca juga: Taksi Wonderful Indonesia Ramaikan Jalanan Kota London

"Hal itu terus menunjukkan pencapaian positif yang salah satunya dibuktikan dengan dapat kembali dibukanya rute penerbangan langsung Jakarta-London," ujarnya.

Suasana magis kota London di waktu senja.British Embassy Suasana magis kota London di waktu senja.
Kembali beroperasinya layanan penerbangan ini juga menjadi langkah positif Garuda Indonesia dalam upaya peningkatan kinerja maskapai khususnya melalui strategi pengembangan jaringan penerbangan internasional khususnya penerbangan Inggris-Indonesia yang terus menunjukkan pertumbuhan pasar yang semakin menjanjikan.

Baca juga: Menikmati Musik Sunda Sambil Ngabuburit di London

Angka kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia menunjukan peningkatan signifikan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah wisatawan Inggris ke Indonesia khususnya melalui Bali merupakan yang tertinggi keempat setelah China, Australia, dan India.

Sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, jumlahnya mencapai 210.062 wisatawan atau tumbuh 9,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Pertumbuhan kunjungan wisatawan tersebut yang kami yakini juga dapat menunjang potensi pengembangan rute Jakarta London pp tersebut, khususnya melalui market share jaringan penerbangan ASEAN yang saat ini dilayani Garuda Indonesia", ujar Ari.

Garuda optimistis dengan kembali dibukanya penerbangan langsung Jakarta-London pp tersebut semakin memperluas pangsa pasar jaringan penerbangan internasional yang diharapkan dapat memperkuat potensi market share penerbangan internasional.

Pengoperasian rute penerbangan langsung Jakarta-London pp tersebut juga menjadi potensi pasar tersendiri bagi pasar Australia-Eropa yang tercatat tumbuh progresif dengan capaian trafik penumpang penerbangan lintas Australia-Eropa sedikitnya mencapai lebih dari 2 juta penumpang tahun 2017.

Big Ben yang terletak di Kota London, Inggriswww.archdaily.com Big Ben yang terletak di Kota London, Inggris
Adapun potensi market size tersebut menempatkan Inggris sebagai top destination kawasan Eropa bagi wisatawan asal Australia.

Hal ini tentunya menjadi potensi pasar tersendiri bagi Garuda Indonesia, mengingat Garuda Indonesia saat ini menghubungkan Jakarta ke tiga destinasi utama Australia seperti Melbourne, Sidney dan Perth.

Rute Jakarta-London akan diberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta melalui penerbangan GA 086 pada pukul 12.05 WIB dan akan di Bandara Internasional London Heathrow (LHR) pada pukul 20.00 waktu setempat.

Sementara itu, penerbangan London-Jakarta akan diberangkatan dari Bandara Internasional London Heathrow (LHR) pada pukul 21.55 waktu setempat dan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 19.10 WIB.

Sementara itu Asdep Pemasaran Pariwisata II Regional IV (Eropa), Agustini Rahayu kepada Antara London mengatakan Kemenpar mengundang 20 agents dan wholesalers di Inggris dan airlines untuk menawarkan Program Joint Promotion 2019.

Hal itu demi akselerasi pencapaian target wisman khususnya dari Wilayah Eropa dalam Business Luncheon di Four Seasons Park Lane London.

Satu dari 400 taksi yang berstiker Wonderful Indonesia tampak di salah satu pusat kota London, Rabu (16/11/2016). KOMPAS.COM/JALU W WIRAJATI Satu dari 400 taksi yang berstiker Wonderful Indonesia tampak di salah satu pusat kota London, Rabu (16/11/2016).
Selain itu, dalam acara ini sekaligus menginformasikan kepada peserta business luncheon bahwa Garuda Indonesia akan kembali terbang dari London ke Jakarta pada 13 Desember 2019.

Agustini Rahayu menyatakan dengan kembalinya penerbangan langsung London-Jakarta membuat wisatawan bisa memulai liburan lebih awal kalau beli paket wisata ke Indonesia.

Suasana Indonesia sudah mulai saat penumpang berada di pesawat menuju Indonesia kalau menggunakan Garuda Indonesia. "Makanan, sapaan dan semua suasananya sudah sangat Indonesia. Ini nilai lebih kalau travel agent di Inggris menawarkan paket Indonesia," kata Agustini Rahayu.



Close Ads X