Tips Liburan dengan "Campervan" di Selandia Baru - Kompas.com

Tips Liburan dengan "Campervan" di Selandia Baru

Kompas.com - 04/12/2018, 09:18 WIB
Liburan di Selandia Baru menggunakan campervan.DOK. Newzealand.com Liburan di Selandia Baru menggunakan campervan.


JAKARTA, KOMPAS.com – Liburan di Selandia Baru, Anda bisa menikmati berbagai indahnya panorama alam dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan campervan.

Bila melakukan perjalanan menggunakan campervan ini, tentunya Anda bisa lebih leluas untuk berkunjung, menetap, hingga memiilh destinasi yang dikunjungi saat liburan.

Nah, berikut ini ada beberapa tips  yang perlu diperhatikan wisatawan saat berlibur menggunakan campervan dari Tourism New Zealand.

1. Pastikan Memiliki SIM Internasional

Bila ingin menggunakan campervan di Selandia Baru, syarat utamanya adalah Anda harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional atau International Driving Permit (IDP).

2. Pilih Campervan yang Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya Anda pilih campervan sesuai kebutuhan dan anggaran. Ada tiga jenis campervan di sana, yakni camper car, campervan, dan motorhome.

Camper car adalah jenis terkecil dari campervan yang hanya menyediakan area tempat tidur dan tempat duduk.

Lalu campervan, memiliki ruang yang lebih luas untuk menyediakan dapur, toilet, serta tempat penyimpanan bagasi.

Sementara, motorhome tidak hanya memiliki fasilitas utama yang lengkap dan area yang lebih luas, namun juga tangki air dan sistem daur ulang air atau grey water.

Liburan di Selandia Baru menggunakan campervan.DOK. Newzealand.com Liburan di Selandia Baru menggunakan campervan.

3. Lokasi Berkemah

Selandia Baru memiliki lebih dari 500 lokasi berkemah atau responsible camping dengan berbagai tawaran pemandangan indah. Sebelum berangkat sebaiknya cari tahu tentang lokasi dan peraturan berkemah.

4. Rute

Hal yang terpenting adalah riset soal rute yang akan dilewati. Hal ini berkaitan dengan waktu tempuh di perjalanan, destinasi yang dituju, dan tempat-tempat yang menyediakan kebutuhan perjalanan Anda.

5. Rawat Campervan Anda

Tak lupa untuk jaga campervan Anda agar tetap bersih dan nyaman dengan mengosongkan wastewater di sarana pembuangan khusus juga membuang sampah.

Sarana ini banyak ditemukan di tempat perkemahan, tetapi Anda juga bisa menemukannya di beberapa tempat umum lainnya seperti tempat parkir mobil.

Tak lupa juga perhatikan indikator tangki bensin Anda. Agar lebih aman, segera penuhi tangki bensin ketika sudah tinggal setengah.

Salah satu lapangan golf di Selandia Baru. DOK. New Zealand Tourism Salah satu lapangan golf di Selandia Baru.

6. Konsumsi di Perjalanan

Hal yang terpenting selain rute adalah konsumsi. Sebaiknya tulis daftar makanan apa saja yang akan dikonsumsi.

Sehingga Anda bisa berbelanja di swalayan untuk memasak di perjalanan atau saat piknik di taman.

7. Tetap Waspada

Meski di sana tergolong aman, tetapi Anda tetap harus waspada. Simpan nomor darurat 111 untuk kebakaran, ambulans, dan polisi.

Jangan takut untuk meminta pertolongan dari penduduk Selandia Baru karena mereka terkenal akan kehangatan dan kesediaan mereka untuk membantu. (*)



Close Ads X