Musim Hujan, Ini 5 Kuliner Bandung yang Cocok Disantap - Kompas.com

Musim Hujan, Ini 5 Kuliner Bandung yang Cocok Disantap

Kompas.com - 06/12/2018, 08:25 WIB
Bakso Cuankie Serayu BandungKOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Bakso Cuankie Serayu Bandung


JAKARTA, KOMPAS.com – Liburan akhir tahun ditambah musim hujan yang masih berlangsung di Bandung rasanya ingin mencicipi kuliner berkuah dan pedas.

Nah, berikut ini beberapa kuliner di Bandung yang cocok disantap kala musim hujan.

1. Bakso Cuankie

Bagi Anda yang berasal dari Jakarta, mungkin jarang menemukan bakso cuankie. Bakso cuankie disajikan tanpa menggunakan mi.

Dalam satu porsinya terdiri dari bakso, pangsit, siomay, bakwan, dan tahu yang diguyur kuah berbumbu panas.

Salah satu kedai yang terkenal di Bandung adalah Bakso Cuankie Serayu yang terletak di Jalan Serayu no 2, Cihapit, Bandung.

2. Mi Kocok

Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.KOMPAS.com/Agie Permadi Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.

Lain lagi dengan makanan berkuah yang ini. Anda akan dihidangkan semangkuk mi kuning, lalu dengan tauge, potongan kikil, dan sum-sum, diguyur dengan kuah kaldu sapi yang panas.

Rasa dari kuah kental ini begitu gurih karena kaldunya merupakan rebusan tulang dan daging sampi ber jam-jam.

Mi kocok bandung cukup banyak tersebar dan mudah dijumpai. Beberapa diantaranya yang tersohor adalah Mie Kocok Persib di Jalan Ahmad Yani, dan Mih Kocok Mang Dadeng di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) no 67, dan yang lainnya.

3. Batagor Kuah

Kuliner kuah lainnya yang bisa Anda coba adalah batagor kuah. Untuk batagor tentunya tak jauh berbeda dengan batagor goreng.

Tetap olahan daging dan tepung dibalut renyahnya pangsit, namun diberi kuah dan bumbu hingga menjadi lebih gurih juga lezat. 

Kuliner ini bisa Anda coba di beberapa kedai batagor seperti di Batagor Yunus di Jalan Kopo 68, lalu Batagor Darto di Simpang Dago.

4. Seblak

Ragam hidangan di Seblak Jeletet Murni, isian dari seblak di sini bisa menggunakan berbagai macam, seperti otak-otak, ceker, dumpling, bakso, sosis, tulang, kikil, dan masih banyak lagi.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ragam hidangan di Seblak Jeletet Murni, isian dari seblak di sini bisa menggunakan berbagai macam, seperti otak-otak, ceker, dumpling, bakso, sosis, tulang, kikil, dan masih banyak lagi.
Kemudian ada juga kuliner yang bisa dijadikan camilan untuk para pecinta pedas yakni seblak

Dalam satu porsi seblak biasanya terdiri dari kerupuk, mi, bakso, sosis. Bahkan adapula yang menyampurkan dengan ceker, tempura, kwetiau, jamur, brokoli, wortel, hingga keju.

Anda bisa mencoba beberapa seblak seperti di Seblak Deu Tjenghar di Jalan Purnawarman, Seblak Mg. Ogo di Gading Tutuka, Soreang, Seblak Dago, di Jalan Dago, dan banyak lainnya.

5. Rujak Cireng

Ini juga salah satu yang menjadi favorit. Cireng yang terbuat dari sagu, digoreng dan disajikan hangat kemudian dicocol dengan sambal rujak pedas.

Rasa gurih dan pedas bercampur dengan menikmati tekstur cireng yang kenyal begitu cocok menjadi camilan di musim hujan.



Close Ads X