Menyambangi Kecantikan Pasir Putih Nampu, Pantai Paling Timur Wonogiri

Kompas.com - 06/12/2018, 13:17 WIB
Pantai Nampu memiliki pasir putih nan eksotis, berpadu dengan birunya air laut.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Nampu memiliki pasir putih nan eksotis, berpadu dengan birunya air laut.

Pantai Nampu dengan pasir putihnya yang eksotis.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Nampu dengan pasir putihnya yang eksotis.

WONOGIRI, KOMPAS.com - Pantai merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Terlebih libur Natal dan tahun baru 2019 semakin dekat. 

Pantai dengan air laut yang jernih dan pasir putih bersih tentu menjadi dambaan kebanyakan orang. Salah satu pantai dengan karakteristik tersebut adalah Nampu yang berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah.

Jarak tempuh menuju Pantai Nampu jika ditempuh dari Kota Yogyakarta atau Surakarta adalah sekitar 100 kilometer. Waktu tempuh dari kedua kota itu pun hampir sama, yakni kurang-lebih 2 jam 30 menit.

Rute paling cepat menuju Pantai Nampu adalah melalui Kecamatan Pracimantoro terlebih dahulu. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan melintasi Jalan Nasional III ke arah timur. Sesampainya di Perempatan Giribelah, belok ke arah selatan atau kanan.

Selanjutnya jalan memasuki medan pegunungan. Meski tidak terlalu menanjak, kondisinya cukup berkelok sehingga lebih baik tidak terlalu kencang dalam berkendara. Papan penunjuk jalan menuju Pantau Nampu juga telah tersedia.

Jarak dari Perempatan Giribelah sampai Pantai Nampu adalah kurang-lebih 19,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Nantinya ada pos retribusi dengan tarif per orang hanya sebesar Rp 5.000 saja.

Selanjutnya Pantai Nampu sudah tidak jauh lagi. Setibanya di ujung jalan, kendaraan bisa diparkir di area parkir. Selanjutnya perjalanan singkat menuju bibir pantai dilakukan dengan berjalan kaki.

Pesona kecantikan Nampu

Keindahan Pantai Nampu akan langsung tersaji, bahkan ketika masih di tangga turun menuju bibir pantai. Panorama birunya air laut berpadu dengan garis pantai pasir putih yang memanjang tampak begitu menakjubkan.

Selain itu, lengkungan perbukitan karst berwarna hijau tampak bagai bentang raksasa yang membatasi kawasan pantai dengan daratan. Di ujung lengkungan, tampak gugusan batu unik yang terletak di Pantai Buyutan, Pacitan.

Seringkali keindahan itu mampu membuat langkah kaki yang sedang menuruni tangga terhenti seketika. Entah hanya sekadar dipandang atau didokumentasikan dari lensa kamera, panorama itu jelas sangat sayang untuk dilewatkan.

Halaman:



Close Ads X