Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Ayam dan Dadar Gulung Laris Manis di Sofia

Kompas.com - 07/12/2018, 08:15 WIB
I Made Asdhiana

Editor

LONDON, KOMPAS.com - Kuliner Indonesia seperti sate ayam dan dadar gulung laris dan diburu warga dalam acara bazar yang diadakan International Womens Club Sofia untuk amal di Bulgaria, Minggu (2/12/2018).

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia kepada Antara London, Senin (3/12/2018), menyebutkan Indonesia telah terkenal dengan cita rasa makanan yang lezat dan kaya rasa, tidak heran makanannya laris di bazar tersebut.

"Dadar gulung dan sate ayam merupakan dua makanan yang paling cepat habis di bazar yang dihadiri sekitar 9.000 pengunjung itu," ujarnya.

Baca juga: Bulgaria, Sepotong Nirwana di Eropa Tenggara (1)

Masyarakat Bulgaria menyukai paduan rasa kelapa yang manis dalam dadar gulung yang mereka beri sebutan "zelena palachinka" atau pancake warna hijau.

Karena sudah menjadi ikon makanan Indonesia, banyak yang kecewa ketika siang hari datang ke bazaar sudah tidak lagi bisa mendapatkan makanan favorit tersebut.

Kota Tua Plovdiv, 3 jam perjalanan dari Sofia, Bulgaria.KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Kota Tua Plovdiv, 3 jam perjalanan dari Sofia, Bulgaria.
Selain dua makanan favorit tersebut, stand Indonesia juga menjual berbagai macam makanan lainnya seperti mie goreng, nasi kuning, sarikaya, risol, pastel, dan tempe yang belum diolah.

Baca juga: 5 Kota Liburan Termurah di Eropa untuk Backpacker

Walau tempe belum begitu populer di negara ini, namun produk ini cukup mendapatkan respon yang baik ketika ditawarkan sebagai sumber protein dan merupakan pilihan yang tepat untuk vegetarian.

Tidak hanya makanan, para pengunjung juga tertarik membeli produk kerajinan Indonesia. Salah satu favorit tahun ini adalah tas-tas rotan anyaman Bali yang memang sedang hits dan kekinian.

Bersaing dengan sekitar 81 stand lainnya, KBRI Sofia memasang poster-poster besar destinasi wisata seperti Jakarta, Bromo, Bali, Borobudur untuk menarik pengunjung.

Tempat pemberhentian tram di Sofia, Bulgaria.KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Tempat pemberhentian tram di Sofia, Bulgaria.
Selain itu juga ditampilkan tari-tarian Indonesia oleh pemuda-pemudi Bulgaria yang tergabung dalam group tari binaan KBRI Sofia.

Kehadiran KBRI Sofia dalam bazar itu untuk mempromosikan Indonesia di masyarakat setempat dan internasional yang tinggal di Bulgaria.

Jumlah wisatawan dari Bulgaria terus menunjukkan peningkatan tiap tahunnya dan merupakan salah satu tertinggi dari kawasan Balkan untuk kunjungan ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com