Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Teh Andung Biru, “Kawasan Puncak” Probolinggo

Kompas.com - 09/12/2018, 14:56 WIB
Ahmad Faisol,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


PROBOLINGGO, KOMPAS.com -Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, juga memiliki tempat wisata yang disebut mirip kawasan Puncak, Jawa Barat.

Tempat tersebut adalah kebun teh dan berada di dataran tinggi Kecamatan Tiris.

Tiris memiliki tujuh objek wisata yang wajib dikunjungi. Yakni kebun teh, Candi Kedaton, air terjun mukjizat, pemandian air panas, Ranu Agung, Ranu Segaran, dan destinasi rafting.

Salah satu objek wisata yang sayang bila tidak dikunjungi adalah kebun teh di Dusun Lawang Kedaton Desa Andung Biru.

Wisatawan lokal menyebutnya sebagai kawasan “puncak” di Kabupaten Probolinggo. Diibaratkan dengan kawasan Puncak yang ada di Jawa Barat.

Sejumlah hal menarik disajikan di objek wisata Kebun Teh Andung biru. Selain bisa menikmati aroma teh asli, mata juga dimanjakan dengan pemandangan hijau pepohonan, alam dan dedaunan teh.

Tak hanya itu, udara segar menyelimuti kawasan tersebut bikin wisatawan makin kerasan. Yang menarik lainnya adalah wisatawan bisa memetik daun teh bersama para petani yang memetik daun teh.

Baca juga: Probolinggo Tawarkan Paket Wisata Erupsi Bromo

Di Kebun Teh Andung Biru wisatawan tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk ke sana, jaraknya cukup jauh dari kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Jaraknya ke kebun teh sekitar 60 km dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam.

Medan untuk menuju ke sana agak berat dan terjal. Bila naik roda empat, mobil harus dilengkapi dengan double gardan. Selain menanjak dan menukik, jalan menuju ke sana penuh tikungan yang curang. Harus Mahir dan lihai sopirnya.

Tapi medan berat yang harus dilalui terbayar dengan pesona keindahan kebun teh yang terhampar luas belasan hektare, dengan udara yang sejuk dan menyegarkan, kaya oksigen yang menyehatkan.

Seorang wisatawan bernama Ainul Yaqin, seorang warga Madura, menyebut kebun teh Andung Biru ini seperti kawasan Puncak di Jawa Barat.

“Ternyata kebun teh ini mirip ya seperti di kawasan Puncak Jawa Barat. Pemandangan di sini tak kalah indah dan arus lalu lintas tidak sepadat di Puncak. Namun Medannya untuk mencapai ke sini sangat berat,” kata Ainul yang mengaku pernah beberapa kali Ke kawasan Puncak di Jawa Barat kepada Kompas.com, Sabtu (8/12/2018).

Baca juga: 5 Kebun Teh yang Siap Bikin Liburan Lebih Asyik

Ainul mengaku setahun tiga kali berkunjung ke kebun teh. Setelah kebun teh dia biasanya melanjutkan rekreasinya ke Candi Kedaton, Ranu Segaran, pemandian air panas. Wisata di Tiris diakhiri dengan rafting Songa adventure.

Yulistina, wisatawan lain asal Jember, mengatakan obyek wisata yang ada sejak tahun 1918 ini bisa menyegarkan pikiran dari rutinitas pekerjaan.

"Pas mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional. Keindahan wisata kebun teh ini sangat baik yang berada di dekat atau di kejauhan. Udaranya sejuk," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com