Keindahan Goa Kristal di Kupang Memukau Wisatawan - Kompas.com

Keindahan Goa Kristal di Kupang Memukau Wisatawan

Kompas.com - 10/12/2018, 11:16 WIB
Wisatawan berfoto di dalam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berfoto di dalam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.

KUPANG, KOMPAS.com - Gradasi warna biru muda dan tua memendar dari kolam air di dalam Goa Kristal. Batuan berwarna putih terlihat ketika cahaya dari lampu menyorot ke dasar air. Panorama Goa Kristal seakan mengajak kami untuk masuk ke dalam air.

"Tolong foto saya," kata beberapa pemuda setempat yang tengah berada di kolam air Goa Batu Kristal.

Mereka terlihat asyik saat bermain di Goa Kristal. Satu persatu dari mereka berkecipak di air dan tertawa riang seakan berada di kolam renang pribadi.

Sepintas, tak ada yang menyangka ada kolam air dengan gradasi warna biru muda dan tua bila dilihat dari mulut goa. Apalagi, bila tak ada cahaya yang menerangi kolam.

Baca juga: Unik, Rapat Koordinasi Geopark Indonesia Digelar di dalam Goa

Kolam air tersembunyi di balik celah bebatuan karst goa. Kolam itu memanjang dari utara hingga selatan dengan ukuran sekitar 10 meter x 3 meter. Untuk menjangkaunya, perlu usaha ekstra karena harus menuruni batuan licin sekitar 20-25 meter.

Wisatawan menikmati obyek wisata alam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati obyek wisata alam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.
Saya sendiri beberapa kali sempat terpeleset ketika menuju dasar goa. Tangan dan kaki harus mencengkeram dengan sempurna agar tak terpeleset.

Namun, saat tiba di kolam, kekhawatiran karena takut terpeleset akan terbayar penuh dengan keindahan.

Baca juga: Sejarah yang Sering Dihubungkan Mistis, 3 Goa Jepang di Indonesia

Keunikan Goa Kristal terletak pada kolam mungil yang berkedalaman hingga lebih dari 8 meter. Airnya sangat bersih dan cukup dingin. Tak ada lumpur dan sampah apa pun di dalam goa.

Untuk mencapai Goa Kristal, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 150 meter untuk menuju mulut goa dari tempat parkir kendaraan.

Baca juga: Wisata di Biak, Kota Kenangan Megawati hingga Goa Jepang...

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan melintasi jalan batuan karang berwarna kehitaman dan pepohonan. Bila musim kemarau, terik matahari menjadi teman perjalanan.

Wisatawan menikmati obyek wisata alam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati obyek wisata alam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.
Mulut atau pintu goa setinggi 1,5 meter dengan lebar 2 meter berada di sisi kiri. Di dekat mulut goa, ada papan bertulis "Welcome To Lokasi Goa Kristal Bolok".

Goa Kristal berada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata itu bisa ditempuh sekitar 45 menit arah barat Kota Kupang dengan kendaraan roda dua.

Ery Rizki (27), pemandu wisata sekaligus penjaga Goa Kristal mengatakan keindahan Goa Kristal mulai terkenal di kalangan wisatawan sejak tahun 2009.

Sebelumnya, Goa Kristal hanya dimanfaatkan untuk keperluan mencuci pakaian oleh warga setempat.

"Dari dulu sebelum kita lahir sudah ramai di sini (Goa Kristal). Karena waktu itu cuma dari luar negeri saja yang tahu tempat ini. Dari luar negeri datang baru ceritakan di media sosial begitu. Mereka sebarkan lalu terkenal makanya ramai," kata Ery saat ditemui wartawan.

Wisatawan berada di tempat parkir obyek wisata alam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Goa Kristal bisa ditempuh sekitar 45 menit arah barat Kota Kupang dengan kendaraan roda dua.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berada di tempat parkir obyek wisata alam Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Goa Kristal bisa ditempuh sekitar 45 menit arah barat Kota Kupang dengan kendaraan roda dua.
Wisatawan nusantara maupun mancanegara telah banyak mengunjungi Goa Kristal. Ery menyebut wisatawan dari Swiss, Jepang, Afrika, Korea Selatan, Australia dan beberapa negara lain telah berkunjung ke Goa Kristal.

"Biasanya ramai bulan Juli. Kalau yang lokal, biasanya akhir pekan ramai," tambahnya.

Air di Goa Kristal terasa payau (campuran air tawar dan air laut). Menurut Ery, air di dalam goa memang tersambung hingga ke laut yang berjarak kurang dari 250 meter dari goa.

Di lain sisi, karakteristik batuan karst, air hujan meresap ke dalam goa lewat pori-porinya. Hal itu terbukti dari struktur langit-langit goa yang memiliki stalaktit (endapan batu kapur yang menjulur dari langit-langit goa).

Keindahan stalaktit yang disinari cahaya juga jadi daya tarik ketika berada di dalam Goa Kristal. Lihatlah ke langit-langit goa.

Wisatawan berjalan menuju mulut Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berjalan menuju mulut Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.
Titik air dari langit-langit goa masih bisa disaksikan di sisi utara goa. Stalaktit-stalaktit berukuran kecil menyebar di sisi langit-langit goa, terutama di bagian tengah dan sisi selatan.

Stalaktit kecil itu umumnya berwarna putih yang menonjol berlatar belakang langit-langit goa berwarna keabu-abuan.

Perlu Perhatian

Keindahan wisata Goa Kristal perlu perhatian dari pemerintah daerah setempat terutama dari segi fasilitas pendukung pariwisata. Di sana, fasilitas untuk wisatawan masih minim.

Beberapa pengunjung terlihat kesulitan ketika ingin membilas dan mengganti baju yang basah setelah berenang.

Wisatawan berjalan ke mulut Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berjalan ke mulut Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.
"Belum ada tempat buat ganti baju atau bilas setelah main air. Itu sih yang penting. Di sana cuma ada bedeng dari seng," kata Randy, pengunjung dari Jakarta.

Di sekitar Goa Batu Kristal juga belum tersedia saung atau pondok untuk wisatawan beristirahat sejenak. Toilet pun belum tersedia. Meskipun demikian, papan penanda obyek wisata sudah terpasang di pelataran parkir.

Untuk urusan keamanan, sudah ada beberapa pemuda setempat yang menjaga dan memandu wisatawan yang berkunjung. Mereka bertugas untuk memastikan keamanan wisatawan saat bermain di kolam air Goa Kristal.

"Saya di sini dipercaya untuk jaga. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak yang sudah pernah tenggelam di sini. Tidak bisa berenang tapi karena kepengen, saling mendorong jadinya jatuh," ujarnya.

Sinar matahari masuk melalui mulut Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sinar matahari masuk melalui mulut Goa Kristal di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (9/12/2018). Keindahan air yang berwarna biru muda dan tua di Goa Kristal siap memikat wisatawan yang datang.
Warung atau tempat makan juga belum tersedia di sekitar Goa Kristal. Semua fasilitas penunjang wisata itu tentunya diperlukan untuk membuat wisatawan nyaman dan kembali berwisata ke Goa Kristal.

Jadi, kapan kalian ke Goa Kristal?



Close Ads X