Bakso Kuah dalam Batok Kelapa Muda, Bagaimana Rasanya?

Kompas.com - 10/12/2018, 14:16 WIB
Bakso kelapa muda menyuguhkan gurihnya baso yang disajikan di dalam kelapa muda. KOMPAS.com/RENI SUSANTIBakso kelapa muda menyuguhkan gurihnya baso yang disajikan di dalam kelapa muda.

BANDUNG, KOMPAS.com – Festival Baso Juara 2018 yang digelar di Bandung, Jawa Barat, menghadirkan berbagai sajian unik. Salah satunya adalah Bakso Kelapa Muda. Bakso ini dijual oleh Rumah Cuanki 22.

Bakso ini terbilang unik karena disajikan di dalam satu butir kelapa muda. Pertama, kelapa dibuka bagian atasnya dan airnya disisihkan, hingga tersisa daging dari kelapa muda.

Setelah itu bakso, siomay, tahu, mie, dan sedikit campuran sayuran dimasukkan ke dalam kelapa. Lengkap dengan kuah baso dan bumbu.

Baca juga: Bakso Raksasa 55 Kilogram Harga Rp 6 Juta-Rp 8 Juta, Apa Saja Isinya?

Untuk bumbu pelengkap, penjual bakso hanya memberi saus dan sambal. Penjual tidak memberi kecap seperti bakso pada umumnya.

Begitu sambal dan sedikit saus dimasukkan ke dalam bakso, rasanya cukup gurih. Kecap pun tidak diperlukan, karena ada rasa sedikit manis dari kelapa.

Bahkan jika ingin lebih terasa manis, Anda tinggal menyerut daging kelapa dan langsung dikonsumsi dengan kuah bakso.

“Rasanya enak, gurih dan ada manisnya dari daging kelapa. Kalaupun daging kelapanya ga mau dimakan, tetap ada rasa sedikit manis. Rasanya jadi nge-blend gitu,” ungkap salah satu pengunjung, Keisha Wirawan kepada Kompas.com.

Baca juga: Festival Baso Juara di Bandung Hadirkan Bakso Batok, Pentol, hingga Pelakor

Keisha sendiri mencampurkan daging kelapa dengan kuah bakso, karena memberikan sensasi tersendiri buatnya. Walaupun dari sisi rasa tidak terlalu berbeda.

Sang pemilik Rumah Cuanki 22, Mama Azka mengatakan, ada tiga varian baso kelapa muda yang ia tawarkan. Yakni bakso kari udon, bakso kuah, dan cuanki.

“Setiap hari saya jualan di Ujungberung Bandung dari pukul 11.00-22.00 WIB,” tuturnya.

Selain itu ia menjual cilok dan bakso rujak, yakni baso yang disajikan dengan buah dan bumbu rujak petis.

“Rasa rujaknya lebih dominan, karena memang basonya dikering dan disatukan dengan buah-buahan dan bumbu rujak petis,” ungkap Candra, salah satu pengunjung.

Baca juga: Rekomendasi 5 Kuliner Bakso di Bandung Wajib Dicoba

Festival Baso Juara berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu (7-9 Desember 2018) di Jalan Soekarno (Cikapundung Timur), Bandung.

Festival ini menghadirkan 40 tenant dengan berbagai menu bakso yang unik. Seperti baso tumpeng, spiderman, barbel, tom yam, durian, dan lainnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X