Apakah 2 Jam Sebelum Keberangkatan adalah Waktu yang Ideal Tiba di Bandara? - Kompas.com

Apakah 2 Jam Sebelum Keberangkatan adalah Waktu yang Ideal Tiba di Bandara?

Kompas.com - 11/12/2018, 14:35 WIB
Ilustrasi bandara musim liburan.Dok. Traveller Ilustrasi bandara musim liburan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki penghujung tahun, artinya banyak hari libur nasional. Momen libur nasional ini banyak dimanfaatkan untuk bepergian ke luar kota atau ke luar negeri. Moda transportasi pesawat menjadi alternatif pilihan untuk berlibur akhir tahun.

Namun karena musim liburan, ada kekhawatiran tersendiri mengenai waktu yang ideal untuk sampai di bandara. Dilansir dari situs Traveller.com.au, ada skenario aktivitas yang biasa dilakukan penumpang ketika sampai di bandara sebelum berangkat berikut ini:

1. Empat Jam

Waktu tiba di bandara empat jam sebelum keberangkatan lazim dilakukan saat musim liburan tiba. Saat musim libur bandara umumnya lebih padat dari hari biasa. Terutama bagi yang bepergian bersama keluarga, sama sekali tak salah untuk tiba di bandara lebih awal.

Ada proses pemeriksaan bagasi, check in penumpang dan bagasi, serta pemeriksaan imigrasi. Sisa waktu bisa diisi dengan berkeliling duty shop bandara, atau bersantap bersama si kecil. Cara ini juga ampuh karena ketika anak sudah kenyang, di pesawat biasanya anak akan tidur pulas.

2. Tiga Jam

Tiga jam adalah waktu yang optimal untuk berbelanja dan bersantap di area bandara dengan santai. Namun jika Anda benar-benar suka belanja atau kebetulan bandara yang disinggahi terkenal sebagai pusat hiburan, waktu tiga jam bisa terasa kurang.

Ilustrasi bandaraPolitikaner/Wikipedia Ilustrasi bandara

3. Dua Jam

Waktu yang direkomendasikan maskapai, khususnya untuk penerbangan luar negeri. Waktu ini terbiang aman untuk proses pemeriksaan bagasi, check in dan menaruh bagasi, melalui pemeriksaan imigrasi, mencari terminal keberangkatan, dan menunggu sekitar 30 menit.

Untuk waktu berbelanja dan menyantap makanan berat, waktu dua jam terbilang mepet. Apalagi jika bandara yang disinggahi termasuk baru pertama kali Anda kunjungi.

4. 90 Menit

Waktu ini banyak dipilih oleh para pejalan bisnis. Terbilang efesien untuk berangkat tetapi masih ada sedikit waktu menunggu. Hanya saja jika musim liburan tiba, agaknya 90 menit harus dilebihkan.

5. Satu Jam

Waktu yang dianjurkan untuk penerbangan domestik dan tetap beresiko untuk musim liburan. Namun untuk penerbangan internasional waktu satu jam sangat mepet dan beresiko tinggi tertinggal pesawat. Proses chek in dan menaruh bagasi mungkin dapat didahulukan, tetapi tidak untuk proses pemeriksaan imigrasi.

6. 30 Menit

Saatnya berlari menuju gerbang keberangkatan untuk pemanggilan penumpang di terminal domestik, itu juga jika tidak memiliki barang yang harus dikumpulkan ke bagasi pesawat. Untuk penerbangan internasional 30 menit dipastikan akan tertinggal penerbangan.


Terkini Lainnya


Close Ads X